RajaBackLink.com

Dalam Rangka HUT Pemuda Pancasila Ke 63 MPC Pemuda Pancasila Toraja Utara Bersama Dengan RSUD Pongtiku Menggelar Sosialisasi Pencegahan Penyakit HIV dan AIDS Di Lingkup SMU/SMK

Dinastinews.com,Toraja Utara – MPC Pemuda Pancasila Toraja Utara bersama dengan RSUD Pongtiku Toraja Utara sosialisasi terkait pencegahan virus penyerang sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit (human immunodeficiency virus-acquired immunodeficiency syndrome/HIV-AIDS) tingkat SMU/SMK.

Menurut salah satu Dokter RSUD Pongtiku Toraja Utara, dr. Lilis Pratiwi, di Toraja Utara sudah ada lebih dari 100 orang yang terinfeksi virus HIV/AIDS dan masih tergolong muda.

“Sudah ada 115 orang yang terinfeksi virus HIV/AIDS di Toraja Utara dan kebanyakan rentang usianya dari usia 20 tahun hingga 30 tahun, dan dari 115 orang sudah ada 2 orang yang meninggal dunia”, kata dr. Lilis saat sosialisasi pencegahan HIV dan AIDS di aula SMKS Kristen Harapan Rantepao, Toraja Utara, Jum’at (21/10/22).

Menurut dr. Lilis, HIV dan AIDS sangat berbahaya karena dapat menyerang sistem imun tubuh sehingga daya tahan terhadap virus ataupun penyakit bisa menurun sehingga menyebabkan kematian.

Penyebab utama HIV-AIDS, tambah dr.lilis, adalah aktivitas seksual yang tidak aman, misalnya sering gonta-ganti pasangan atau akibat penggunaan jarum suntik yang tidak steril.

Sedangkan pencegahannya adalah aktivitas seksual aman, gunakan jarum suntik baru yang steril dan meminum obat terapi antiretroviral (ART) secara rutin bagi pengidap HIV untuk mencegah penularan ke orang lain.

Usai sosialisasi oleh pihak RSUD Pongtiku Toraja Utara, Wakil Ketua 3 MPC Pemuda Pancasila Toraja Utara, Terry Banti memberikan imbauan kepada siswa siswi SMKS Kristen Harapan Rantepao agar tetap mengasihi keluarga dan tidak berbuat susuatu yang dapat merugikan diri sendiri.

“Bagaimana Cara kita mengasihi orang terdekat kita, jangan sembarang melakukan tindakan yang dapat merugikan diri kalian, kalian masih muda dan akan beranjak dewasa, tetap hati-hati dalam berteman dan bergaul, karena penyakit ini tidak ada obatnya”, imbau Terry.

Selain Wakil Ketua 3 MPC, Sosialisasi juga di hadiri oleh Ketua Bidang Kesehatan Dan Penanggulangan Bencana MPC Pemuda Pancasila Toraja Utara, Azariel L. Toban Tandialla, Bendahara Badan Kesehatan Penanggulangan Bencana (BKPB) dan jajaran pengurusnya,Ketua SAPMA, Pengurus serta Kader MPC Pemuda Pancasila Toraja Utara.

Ketua Bidang Kesehatan MPC Pemuda Pancasila juga ikut menghimbau kepada siswa siswi SMKS Kristen Harapan Rantepao agar dapat membentengi diri dari pergaulan bebas dan narkoba.

“Jagalah diri kalian dan keluarga, hindari pergaulan bebas dan narkoba, karena kalian sendirilah yang dapat membentenginya, kalianlah yang menentukan dan memanejemen diri kalian sendiri.katanya.

Kegiatan Sosialisasi Pencegahan HIV dan AIDS yang di Prakarsai oleh MPC Pemuda Pancasila dan bekerjasama dengan RSUD Pongtiku Toraja Utara, berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 20 hingga 21 Oktober 2022, dimana hari pertama dilaksanakan di SMUN 3 Toraja Utara dan Hari kedua di SMKS Kristen Harapan Rantepao Toraja Utara.

Menutup kegiatan sosialisasi, Wakil Kepala Sekolah SMKS Kristen Harapan Rantepao, Daniel Londong mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan Sosialisasi dan mengharapkan agar kegiatan yang bernilai positif terus berkelanjutan.

“Kami keluarga besar SMKS Kristen Harapan Rantepao berterima kasih dan merasa bersyukur karena adanya perhatian dari MPC Pemuda Pancasila Toraja Utara dan Dokter serta Nakes RSUD Pongtiku Toraja Utara.ucapnya

ini merupakan kesempatan emas, semoga pertemuan ini bukan pertama dan terakhir tetapi berkelanjutan, sepanjang itu kebaikan untuk anak didik dan sekolah ini”.tutur Daniel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *