RajaBackLink.com

TNI AL Lanal Lhokseumawe Sambut HUT TNI AL Ke-77 Lakukan Gerakan Nasional Laut Bersih Di Pantai Kuala Simpang Ulim

TNI AL Lanal Lhokseumawe Sambut HUT TNI AL Ke-77 Lakukan Gerakan Nasional Laut Bersih Di Pantai Kuala Simpang Ulim

Dinastinews.com Aceh Timur — Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe menggelar rangkaian kegiatan dalam rangka HUT TNI AL Ke-77 Tahun 2022, dalam bentuk Gerakan Nasional Laut Bersih 2022 di Pesisir Kuala Simpang Ulim, Aceh Timur, Rabu (7/9/2022).

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah mengatakan, program bersih pantai ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Ke-77 TNI Angkatan Laut. Kegiatan tersebut sesuai perintah pimpinan tertinggi TNI Angkatan Laut Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka menjaga dan memelihara ekosistem laut, sehingga ikan dilaut yang dikonsumsi oleh masyarakat benar-benar nantinya akan lebih sehat/higienis.

“Kita harus menggalakkan laut bersih, karena dengan membersihkan pantai/laut dari sampah plastik dan berbagai jenis sampah lainnya akan terlihat indah dan menarik, selain pantai, Simpang Ulim juga memiliki sebuah pulau yang dinamakan Pulau Idaman itu akan menjadi objek wisata nasional, karena Kuala Simpang Ulim memiliki kekayaan alam yang tidak kalah indahnya dengan lokasi wisata bahari lainnya, namun perlu dukungan semua pihak dalam memajukannya, sehingga ke depan pantai Kuala Simpang Ulim Aceh Timur menjadi destinasi objek wisata yang dikenal hingga ke seluruh penjuru nusantara,” ucap Kolonel Marinir Dian Suryansyah.

Semoga kedepannya akan lebih banyak masyarakat yang berwisata ke Kuala Simpang Ulim, sehingga perekonomian masyarakat pesisir/nelayan sekitar kuala simpang simpang ulim meningkat. Tentunya ini sesuai dengan Tema HUT TNI AL Ke-77 Tahun 2022 yaitu *Membangun Kejayaan Maritim Untuk pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Laut Bersih, Rakyat Sejahtera* ucap Kolonel Dian.

Danlanal juga menyampaikan memilih Kuala Simpang Ulim, beberapa kali saat singgah sepanjang pesisir pantai ini banyak berserak sampah plastik dan berbagai jenis sampah lainnya. Tetapi belakangan mulai bersih dan terlihat lebih terawat, karena kesadaran masyarakat pesisir dalam menjaga kebersihan laut sudah mulai meningkat.

Bahwasanya Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 adalah tanggung jawab kita bersama untuk turut menjaga kebersihan dan keindahan pantai, karena wilayah pantai adalah wilayah teritorial kita serta harus menjadi contoh dan pelopor bagi generasi muda, masyarakat pesisir yang ada di sekitaran pantai, sehingga masyarakat tergerak untuk memiliki kesadaran dan ikut peduli dalam menjaga kebersihan pantai dan lingkungannya. Semoga apa yang kita perbuat untuk memulai yang besar harus kita awali pada diri kita, kalau bukan kita siapa lagi yang akan melakukan, kalau bukan sekarang kapan lagi. Ucap Kolonel Dian.

Sementara Kepala Desa Kuala Simpang Ulim Bapak Muhammad Idris
mengapresiasi kedatangan personel TNI-AL Lanal Lhokseumawe dengan program laut bersih di desa Kuala Simpang Ulim, namun harapan masyarakat agar kegiatan itu terus berlanjut dan ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang, termasuk program pemberdayaan nelayan dan masyarakat pesisir

Kades juga berharap kepada pemerintah untuk membangun jalan dan sejumlah jembatan menuju desanya, sehingga pengunjung pantai simpang Ulim nantinya bisa mudah dan cepat dalam mengakses lokasi wisata tersebut. ujar Kades Idris.

Usai melakukan bersih pantai, Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah didampingi perwira staf dan jajarannya menyalurkan puluhan sak beras sebagai bentuk bantuan dan kepedulian terhadap masyarakat pesisir dan nelayan setempat. Sebelumnya mengakhiri kegiatan Kolonel Dian menyampaikan kepada masyarakat, besar harapannya ada pemuda/di pesisir dari Desa Simpang Ulim yang masuk menjadi TNI AL.

Dalam Gerakan Nasional Laut Bersih Lanal Lhokseumawe menggandeng unsur Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Timur, TNI/Polri, Geuchik Kuala Simpang Ulim, Panglima Laot, tokoh pemuda hingga masyarakat yang tinggal di pesisir Kuala Simpang Ulim yang melibatkan lebih 100 orang.

Kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu wujud implementasi dari Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni sebagai Prajurit Jalasena harus berguna bagi masyarakat sekitar.

Bhakti sosial bersih-bersih pantai dihadiri dan diikuti Palaksa Letkol Laut (KH) Irfan Hasibuan, Paspotmar Mayor Laut (KH) Farizal, Perwira Staf, Bintara, Tamtama dan PNS Lanal Lhokseumawe, Kepala DLH Aceh Timur M. Yunus, Kades Kuala Simpang Ulim Idris, Panglima Laut Kuala Simpang Ulim Asmir Ismail, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Bagas Ariebowo

(Penl Lanal Lhokseumawe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *