RajaBackLink.com

Lima Rumah Tidak Layak Huni Gampong Aceh Akan Tergerus Banjir Sungai Saat Hujan Deras Tiba

Lima Rumah Tidak Layak Huni Gampong Aceh Akan Tergerus Banjir Sungai Saat Hujan Deras Tiba

Dinastinews.com Aceh Timur | Gampong — sebanyak lima rumah di Dusun Kuta Batee, Desa Gampong Aceh, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur terancam dibawa arus air sungai saat musim penghujan tiba bahkan hingga banjir melanda yang tidak tahu kapan datangnya secara tiba-tiba.

Hal ini membuat mereka terkadang was-was menempati rumah dipinggiran sungai, akan tetapi apa boleh buat pendapatan mereka tidak seberapa otomatis mau tidak mau harus menelan pil pahit.

Namun masyarakat yang tinggal disana tetap bersyukur dan berdoa agar ada uluran tangan dermawan dan pemerintah dengan se-segera mungkin.

Terlepas dari hal tersebut, Desa Gampong Aceh memiliki beberapa orang yang sangat membutuhkan bantuan dari Pemerintah setempat, pasalnya salah seorang lansia berada di Dusun PP Puteh, Desa Gampong Aceh yang berusia (56 th) mengalami sakit ginjal.

Yang mengharuskan dia sebulan delapan kali harus cuci darah dengan ditanggung BPJS, tetapi biaya untuk makan dan transport menjadi problem yang sangat serius bagi keluarga kecil tersebut yang saat ini hanya berjualan dikios kecil se-alakadarnya untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari berlauk ikan asin saja – Indomie saja – kadang-kadang telur saja.

Selain itu, seorang lelaki bernama Yasdi di Dusun PP Puteh, Desa Gampong Aceh mengindap penyakit paru-paru barangkali batuk berisikan darah. Sedangkan untuk bekerja apalagi sama sekali tidak sanggup bahkan untuk bangun saja kadang-kadang hampir jatuh, sedangkan istrinya yang hanya bisa bekerja sebagai tukang cuci pakaian tetangganya.

Kepala Desa Gampong Aceh, Erizal Bahri saat dikonfirmasi oleh media ini terkait perihal tersebut menyatakan bahwa sebenarnya pihak Desa sudah berencana untuk membantu namun terbentur dengan aturan pemerintah.

Dikarenakan lima rumah tersebut tidak memiliki tanah, Sedangkan yang sakit sudah ditanggung oleh BPJS – BLT – DLL, Akan tetapi dirinya meminta pemerintah agar menyalurkan bantuan yang layak untuk kehidupan mereka.

“Saya berharap kepada pemerintah kalau bisa dibantu dari sisi yang bisa untuk dibantu, Karena kami di Desa juga tidak hanya diam saja, Kami tidak mungkin melihat sebelah mata masyarakat yang mendiami ditempat yang tidak layak, Namun apa boleh buat keterbatasan Pemdes dengan aturan – aturan yang berlaku.”

“Disegi yang lain juga, masyarakat saya wajib mendapatkan bantuan seperti BLT – PKH dan lainnya, Saya menghimbau juga bagi siapa yang belum mendapatkan BLT misalnya, Silahkan melaporkan kepada saya agar kita bantu, kecuali orang kaya” ujar Keuchik Desa Gampong Aceh, Sabtu (6/8/2022).

Lebih lagi katanya, penduduk yang sudah puluhan tahun tinggal dipinggiran sungai jembatan Idi Rayeuk, dengan lima kepala keluarga. Dikarenakan anggaran Desa tidak bisa digunakan untuk merehab atau membangun rumah diatas tanah orang lain berdasarkan peraturan pemerintah.

“Satu sisi, memang mereka adalah masyarakat yang sangat membutuhkan, namun pemerintah tidak membolehkan untuk membeli tanah kepada masyarakat agar bisa dibangun atau direhab rumahnya” pungkasnya.

 

Korwil Aceh |GALI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *