RajaBackLink.com

Apa Ciri-Ciri Batuk Mau Sembuh? Coba Ramuan Alami Ini!

Apa Ciri-Ciri Batuk Mau Sembuh? Coba Ramuan Alami Ini!

Biasanya, batuk akan sembuh dalam waktu 3 minggu tanpa memerlukan terapi pengobatan apa pun. Ciri-ciri batuk mau sembuh biasanya terlihat dari intensitas batuk yang mulai jarang.

Secara garis besar, ada dua jenis batuk, yaitu batuk kering dan berdahak. Batuk dengan keluarnya lendir atau dahak, pertanda adanya peradangan atau infeksi pada saluran pernapasan.

Adanya dahak saat batuk sebenarnya merupakan respon imun yang ditujukan untuk melindungi saluran napas. Yuk, simak dulu cara mengobati batuk secara alami agar segera sembuh!

Cara mengobati batuk secara alami

Batuk adalah refleks alami sekaligus cara tubuh mengeluarkan benda asing di saluran napas, termasuk dahak. Jika belum sempat memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab batuk, cobalah ramuan alami ini:

1. Minum banyak air putih untuk menetralkan

2. Coba konsumsi teh peppermint untuk meredakan

3. Air rebusan jahe tak ada salahnya dicoba

4. Konsumsi jahe untuk melegakan tenggorokan

5. Coba kunyit sebagai antiradang

Lalu, bagaimana ciri-ciri batuk mau sembuh?

Jika menderita batuk akut, biasanya akan membaik dalam beberapa minggu. Namun, jika batuk tergolong kronis, mungkin perlu waktu lebih lama untuk menyembuhkan disertai dengan terapi di bawah pengawasan dokter.

Berikut ini beberapa ciri-ciri batuk mau sembuh:

1. Dahak lebih tipis dan jarang

2. Batuk sudah tak terlalu parah karena semakin berkurang

3. Tidak ada gejala lain, termasuk demam, hidung tersumbat, hingga pilek

Berapa lama batuk akan sembuh?

Umumnya batuk akan reda dengan sendirinya dalam beberapa hari hingga sekitar 2-3 minggu tanpa perlu obat-obatan khusus. Namun, karena dapat mengganggu kenyamanan, tidak sedikit orang yang ingin segera mengatasi keluhan ini dengan berbagai cara.

Jika batuk tidak kunjung reda dan semakin parah, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan terapi yang tepat. Temukan informasi seputar kesehatan lainnya di www.yoona.id/blog.

Artikel ini juga tayang di VRITIMES