RajaBackLink.com

Berapa Lama Melahirkan setelah Keluar Flek Coklat?

Berapa Lama Melahirkan setelah Keluar Flek Coklat?

Keluar flek coklat saat hamil sebenarnya kondisi umum yang ibu hamil alami. Namun, bagaimana jika keluar flek coklat saat mendekati waktu persalinan atau hari perkiraan lahir (HPL)? Apakah itu tanda segera melahirkan? 

Jangan panik dulu ya Moms, temukan fakta dan penjelasan lengkapnya di sini!

Arti keluar flek coklat saat hamil

Meski kebanyakan kasus tidak menandakan kondisi berbahaya, namun Moms perlu waspada kalau flek tersebut dibarengi dengan gejala lainnya seperti kram pada perut yang tak tertahankan hingga benar-benar mengganggu aktivitas. 

Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi pertanda adanya sesuatu yang serius dan berbahaya. Berikut beberapa alasan keluar flek coklat saat hamil yang harus diwaspadai:

1. Iritasi serviks

2. Keguguran

3. Implantasi (kondisi ini terjadi di awal kehamilan atau sebagai tanda kehamilan)

4. Hamil anggur

5. Infeksi

6. Adanya kelainan plasenta

7. HPV

Tanda persalinan segera tiba

Jika flek coklat keluar saat kehamilan tua atau memasuki HPL, hal itu bisa jadi pertanda persalinan akan tiba. Secara umum, tanda-tanda melahirkan bisa dikenali dengan gejala berikut:

1. Kontraksi perut yang semakin sering intensitasnya

2. Pembukaan mulut rahim

3. Ketuban pecah

4. Keluar lendir bercampur darah, berwarna kecoklatan hingga kemerahan

Keluar flek atau lendir coklat itu juga menandakan adanya pembukaan mulut rahim. Moms mungkin juga akan merasakan kontraksi yang semakin intens.

Namun, lama waktu melahirkan setelah keluar flek coklat ini belum dapat langsung diprediksi sehingga ada baiknya segera memeriksakan ke dokter kandungan.

Kapan harus ke dokter?

Meski flek coklat merupakan hal yang wajar terjadi, namun ibu hamil tetap disarankan untuk lebih waspada. Segera konsultasikan ke dokter kandungan jika disertai gejala lain seperti nyeri hebat, demam, kram perut, perdarahan vagina berlebihan atau kontraksi rahim.

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik dan berbagai tes, seperti USG, untuk memastikan ibu hamil dan janin dalam keadaan sehat.

Jika terdeteksi masalah pada janin atau rahim, dokter akan meresepkan langkah pengobatan yang sesuai. Temukan informasi seputar kehamilan dan kesehatan wanita lainnya di www.yoona.id/blog.

Artikel ini juga tayang di VRITIMES