RajaBackLink.com

Cara Menghentikan Haid Berkepanjangan saat Pakai KB Implan

Cara Menghentikan Haid Berkepanjangan saat Pakai KB Implan

KB implan adalah kontrasepsi hormonal yang berbentuk kecil dan fleksibel terletak di bawah kulit lengan atas. Alat kontrasepsi ini mengandung hormon progesteron sintetis untuk mencegah kehamilan. Namun, bagaimana cara menghentikan haid berkepanjangan saat pakai KB implan?

Pengaruh KB implan pada menstruasi

Pengaruh KB implan adalah berdampak pada menstruasi. Meskipun tidak semua wanita mengalaminya, namun KB ini dapat menyebabkan perubahan atau efek pada menstruasi wanita. 

Studi telah menemukan sebagian besar pengguna mengalami penurunan frekuensi dan volume pendarahan, tetapi beberapa mengalami haid yang berkepanjangan. 

KB implan menyebabkan perdarahan berat, menstruasi menjadi lebih pendek atau tidak mengalami menstruasi sama sekali. 

Cara menghentikan haid berkepanjangan saat pakai KBimplan

Saat mengalami menstruasi yang berkepanjangan, berikut cara menghentikan haid berkepanjangan saat pakai KB implan:

1. Konsultasi dengan dokter

Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui solusi terbaik mengatasi masalah haid yang penyebabnya karena penggunaan KB implan.

2. Obat anti inflamasi

Obat anti inflamasi seperti ibuprofen, telah terbukti mengurangi pendarahan dengan implan. Kamu bisa mengkonsumsi obat ini sebagai opsi pertama ketika mengalami masalah pada menstruasi. 

3. Tamoxifen 

Jika ibuprofen tidak membantu, bisa menggunakan obat tamoxifen 10 mg untuk pagi dan malam yang dikonsumsi selama 7 hari. Obat ini aman dan tidak memiliki efek samping. 

Itulah beberapa cara menghentikan haid berkepanjangan saat pakai KB implan yang bisa dicoba. Namun, sebaiknya sebelum mengkonsumsi obat, konsultasikan terlebih dahulu. Temukan informasi seputar kesehatan lainnya di www.yoona.id/blog.

Artikel ini juga tayang di VRITIMES