RajaBackLink.com

Kunjungi IPAL Krukut Menteri Basuki: Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah Untuk Kota

Kunjungi IPAL Krukut Menteri Basuki: Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah Untuk Kota

Dinastinews.com  Sumatera Barat — Menteri Basuki melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut Setia Budi, Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

IPAL Krukut yang dibangun dan dikelola oleh Perumda Paljaya merupakan IPAL skala perkotaan, Bersama IPAL Setia Budi yang telah dibangun oleh Kementerian PUPR, kedua IPAL ini melayani kawasan perkantoran Sudirman Kuningan atau ekivalen sekitar 2,7 juta jiwa.

“Air limbah baik black water maupun grey water yang dihasilkan dari aktivitas domestik perlu diolah terlebih dahulu di IPAL sebelum air efluen dari IPAL tersebut dialirkan ke badan air Penerima” kata Menteri Basuki.

IPAL yang memiliki kapasitas tampung 8.600M3/hari ini telah beroperasi pada Agustus 2021, dibangun di atas lahan stasiun pompa Setia Budi seluas 1.200 M2 IPAL Krukut, Menggunakan sistem serasi dan media yang nantinya air hasil olahannya sudah aman untuk dikembalikan ke lingkungan.

Dari total hasil olahan IPAL Krukut, 30% volume airnya diolah kembali untuk dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan air Non-kosumsi seperti campuran semen untuk kontruksi, penyiraman tanaman dan flushing.

 

Rudi Rahmat Ginting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *