RajaBackLink.com

Desa Girilaya Gelar Tradisi seren taun Sedekah Bumi.

Desa Girilaya Gelar Tradisi seren taun Sedekah Bumi.

dinastinews.com – Lebak – Acara seren tahun atau sedekah bumi yang diadakan setiap tanggal 10 muharam dilaksanakan di kampung Sibilik, desa Girilaya Kecamatan Cipanas. Selasa (16/07/2024).

Camat Cipanas Drs. H. E Wahyudin MS.i, dalam sambutannya mengatakan, Hari ini tepat tanggal 10 asyuro, atau 10 muharam, Ia mengucapkan selamat hari asuro, 1 muharam masuk ke tahun baru Islam,
“Selamat merayakan seren tahun atau sidekah bumi dan selamat merayakan 10 asyuro tahun baru islam, semoga kita selalu di berikan kebaikan dan lindungan Allah swt. Seren tahun sidekah bumi, ini adalah adat istiadat orang tua d adakan setiap 10 muharam, ini sangat positif. Di dalam nya adalah rasa syukur, dengan hasil panen pertanian.

“Hasil panen adalah sebuah rizki yg telah di berikan Allah SWT, melalui bumi”, tegasnya.

“Pengorbanan ibu bapak dalam acara ini, untuk santunan anak yatim dan acara seren taun atau syukuran sidekah bumi ini, insya allah akan di ganti Oleh Allah dengan berlipat ganda…ini adalah budaya kita, selama tidak bertrmtangan dengan agama dan aturan Negara kita akan lakukan terus, kita akan gali sejarahnya kapan di mulai acara ini, untuk melestarikan budaya dan adat istiadat yang ada di wilayah kecamatan cipanas”, ungkapnya.

Senada Kapolsek Cipanas KOMPOL Pupu Syaripudin SH, mengatakan bahwa kebudayaan ini merupakan tradisi yang baik .
“Acara ini adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, sidekah bumi adalah simbol rasa terimakasih kita kepada sang pencipta atas hasil panen yang melimpah dari hasil bumi”, ungkapnya.

Dalam sambutannya, Danramil Cipanas Kapten Inf. Yan Tirtayasa, mengatakan, Kegiatan ini adalah kegiatan positif.
Mari kita tetap laksanakan setiap tahunnya, karena dengan acara ini tercipta persatuan kerukunan warga, khususnya di desa Girilaya, mudah mudahan di desa lainpun ada acara serupa seperti ini, sebagai bentuk rasa syukur dengan adanya hasil Bumi yang melimpah”, tegasnya.

“Dalam kesempatan ini saya mengingatkan jangan lupa kita tetap jaga keamanan kita bersama, misalnya sebelum kita hadir berkumpul di tempat ini, jgn lupa periksa matikan kompor dan lainnya, yg berpotensi bahaya”, katanya.

Dibtempat yang sama, H. Ajun, kepala Desa Girilaya, berdoa kepada yang maha kuasa semoga warganya di berikan keselamatan dan kesejahteraan.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan, sedekah Bumi, saya baru pulang dari tanah suci, Alhamdulillah berkat doa semuanya saya bisa hadir di tempat ini, semoga Allah SWT selalu memberikan keselamatan, kemakmuran dan kesejahteraan kepada kita semua”, pungkasnya. (Bronx/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *