RajaBackLink.com

AMAR NURMANSYAH : RESMIKAN LEMBAGA ADAT BRANG ENE – LESTARIKAN WARISAN ADAT TRADISI BUDAYA PATUT DIKEMBANGKAN GENERASI MUDA

AMAR NURMANSYAH : RESMIKAN LEMBAGA ADAT BRANG ENE – LESTARIKAN WARISAN ADAT TRADISI BUDAYA PATUT DIKEMBANGKAN GENERASI MUDA

 

 

Finastinews.com Aceh | Taliwang – Sumbawa Barat – NTB – Acara peresmian Ketua dan anggota lembaga adat Kecamatan Brang Ene – Sumbawa Barat bertempat di Gedung Graha Juang- Desa Mujahidin- Kecamatan Brang Ene- Kabupaten Sumbawa Barat- Propinsi NTB. Sabtu (18/2/2023).

Dengan terbentuknya lembaga adat Kecamatan Brang Ene, diharapkan kedepan Brang Ene khususnya dilingkup Kecamatan dan Desa dapat memahami dan mengerti adat tradisi yang nyaris punah. Sehingga beberapa tokoh² sesepuh yang ada di Brang Ene melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan pihak Pemerintah khususnya Pemerintah Kecamatan dan semua Kepala Desa Kecamatan Brang Ene.

Tidak ketinggalan semua lembaga yang berkaitan dengan adat istiadat yang ada di Kecamatan Brang Ene, diharapkan agar terbentuk lembaga adat untuk mengantisipasi punahnya adat tradisi Kecamatan Brang Ene yang sejak dulu sudah ada sebagai warisan nenek moyang kami.

Tentu diharapkan kedepan generasi muda sebagai generasi penerus khususnya muda mudi Kecamatan Brang Ene ikut serta melestarikan adat istiadat Kecamatan Brang Ene Sumbawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah menyampaikan:

Banyak nilai² budaya yang dapat diteladani oleh generasi muda saat ini. Budaya yang lama ada sejak jaman dahulu untuk dapat dilestarikan untuk dikembangkan menjadi _Nilai Daya Tarik Wisatawan_ baik lokal maupun non lokal” tandasnya.

“Apalagi dengan adanya bendungan Tiu Suntuk akan dapat menjadi pusat wisata menjadi aset yang berdampak pada ekonomi masyarakat yang sangat bermanfaat bagi warga masyarakat Kecamatan Brang Ene” tambahnya.

Adat budaya Kabupaten Sumbawa Barat yang merupakan adat tradisi masyarakat perlu dilestarikan seperti: Balapan Kebo – Seni Tarik Swara Sakeco – dan banyak lagi termasuk kegiatan² lain dalam bermasyarakat dapat dilaksanakan secara adat sebagai bentuk rasa persaudaraan yang kuat dan gotong royong, sesuai dengan program pemerintah Sumbawa Barat “PARIRI LEMA BARIRI” pungkas Amar Nurmansyah.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut Camat Brang Ene Suwarman menyampaikan: Kepada lapisan masyarakat yang ada dikecamatan Brang Ene lintas Kepala Desa di-masing² Enam (6) Desa yang ada dikecamatan Brang Ene, dengan terbentuknya ketua dan anggota lembaga adat ini diharapkan dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten dalam mengisi pembangunan Brang Ene yang lebih baik lagi” pungkasnya.

Senada dengan Ketua Adat Kecamatan Brang Ene H. Amirudin, menyampaikan: Hal yang sama tentang terbentuknya lembaga adat ini, beliau sangat mendukung hal ini agar dapat berkembang lebih baik lagi dari sebelumnya” katanya []

Pewarta(FSL/B-KSB) – Roni Ganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *