RajaBackLink.com

Polsek Sungai Manau,Diskusi Alot bersama Warga,Jadikan Jum’at Curhat Sebagai Wadah Inspirasi.

Polsek Sungai Manau,Diskusi Alot bersama Warga,Jadikan Jum’at Curhat Sebagai Wadah Inspirasi.

Dinastinews.com – Merangin Jambi. 10 Pebruari 2023. Setelah di Gelontorkan Program Presisi Polri,yang mana Adaptasi dari Dialog diapresiasikan menjadi komunikasi resmi namun di laksanakan dalam bentuk Dialog akrab. Hal ini dimungkinkan untuk pelaksanaan ” penyampaian langsung dari masyarakat pada pihak pihak terkait, salah satu ya domain Kamtibmas tentu tugas pokok dari polri, dan sedangkan untuk permasalahan sosial dan pembangunan desa atau wilayah tertentu,dan tugas polri adalah menyampaiakan secara langsung bersama warga pada instansi terkait.

JUM’AT CURHAT contohnya,Jum’at curhat yang di laksanakan Jajaran Polsek Sungai Manau yang dilaksanakan di Desa Talang Segegah kec Renah Pembarap Kab Merangin, adapun Topik yang diangkat adalah

 

. Masalah adanya kegiatan penambangan Emas secara tradisional di Bawah Jembatan penghubung Desa Muara Panco Timur dengan Desa Talang Segegah Kec Renah Pembarap !!

 

Solusi dari Pihak Polri ” Polsek sungai Manau ”

– Apapun bentuknya Penambangan Emas yang dilakukan secara Ilegal adalah Tindakan melawan Hukum.

 

– Pihak Kepolisian akan memberikan teguran kepada Ibu ibu yang Ngerai (mencari emas dengan cara tradisional) yang dilakukan dibawah jembatan, dan apabila sudah ditegur namun masih tidak di indahkan maka akan kita lakukan penegakan Hukum.

 

. Permasalahan pembagian BLT sering ribut dengan alasan tidak ada keperpihakan dari Aparatur desa kepada orang orang yang menerima.

 

Solusi dari Pihak Polri “Polsek sungai Manau ”

 

– Agar kepala desa pada saat pembagian BLT mengundang BKTM dan Babinsa untuk pengamanan;

 

– Yang terdaftar sebagai menerima BLT tersebut sudah terferifikasi sehingga Kades jangan takut apabila adanya protes dari masyarakat, yang namanya adil itu bukan semuanya dapat melainkan mereka yang berhak menerima ya harus menerima, maka dari itu dalam melakukan pendataan penerima BLT harus objektif dan libatkan BPD setempat, sehingga dapat mengurangi komplin dari masyarakat.

 

. Masalah Hibah tanah untuk pembuatan jalan Desa yang belum selesai namun sudah Anggaran pembuatan Jalan sudah ada di APBDES !!

 

Solusi dari Pihak Polri ” Polsek sungai Manau ” menjawab ?

 

– Agar dilakukan musyawarah kembali dan libatkan BKTM nya serta masyarakat yang tanahnya terkena calon Jalan desa tersebut;

 

– Dalam Musyawarah tersebut dijelaskan kepada masing masing pemilik tanah bahwa penyerahan tanahnya yang akan dijadikan jalan tidak ada ganti rugi dan pemilik tanah wajib membuat surat Hibahnya kepada Desa karena tanah yang dijadikan jalan tersebut akan menjadi Aset Desa, dan apabila belum ada Surat Hibahnya maka pembuatan jalan Tersebut harus ditunda dan anggaranya dapat di Silpakan tahun depan.

 

 

. Masalah pemusnahan aset desa yang berupa pondasi/Bronjong yang ada di jalan desa, karena saat ini jalan tersebut akan ditingkatkan !!!

 

Solusi dari Pihak Polri ” Polsek sungai Manau ”

 

– Agar kepala desa meminta petunjuk dengan mengirimkan surat ke INSPEKTORAT dan Bagian ASET Pemkab Merangin terkiat rencana tersebut namun apabila dari Dinas terkiat menyatakan tidak ada masalah maka silahkan dilanjutkan begitu juga sebaliknya kalau hal tersebut dilarang ya jangan di kerjakan;

 

– Masalah pemberitaan dari Media Online yang tidak real sesuai dengan Fakta di desa, hal ini membuat para Perangkat desa menjadi takut berbuat atau melayani Masyarakat

 

 

Solusi dari Pihak Polri

 

– Perlu diketahui oleh seluruh Aparatur desa dan masyarakat, bahwa rekan rekan Pers atau wartawan dilingkungi oleh undang undang dalam mencari dan menerbitkan Berita, tentunya harus sesuai dengan fakta yang ada, apabila berita tersebut tidak sesuai dengan fakta maka rekan rekan bisa mensomasi dan klarifikasi kepada pimpinan dari Media yang memberitakan tersebut, dan rekan rekan wajib mendukung para Wartawan dalam mencari berita dilapangan.

 

– Berbeda dengan adanya transaksional, secara terang terangan memeras atau meminta uang dalam jumlah tertentu dan sifatnya memaksa maka bapak ibu sekalian bisa melaporkan kejadian tersebut kepihak yang berwajib.

 

Pada awak media ini,Kapolsek sangat mengapresiasi,bahwa kerjasama masyarakat dalam mensukseskan program polri,dengan bentuk antusias hadir pada Kegiatan ini dan di hadiri oleh

Kepala Desa Talang segegah,Ketua BPD Talang Segegah,Tokoh. Masyarakat,Seluruh Perangkat Desa dan Warga Masyarakat. Tutup Kapolsek.

 

Hambali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *