RajaBackLink.com

PERLENGKAPAN BAWAAN WAJIB HARI² SEORANG JURNALIS YANG BERPROFESI WARTAWAN

PERLENGKAPAN BAWAAN WAJIB HARI² SEORANG JURNALIS YANG BERPROFESI WARTAWAN

 

 

 

 

 

Dinastinews.com Aceh | Mandalika Lombok Tengah – NTB – Seorang Jurnalis itu berat, tak semua orang kuat dari panas – Dari hujan dan angin malam – yang bisa kapan saja menerjang. Juga harus kuat dimarahi atasan kalau-kalau gagal dapat berita. Belum lagi harus membawa tas yang cukup berat karena diisi perlengkapan liputan.

Lalu apa saja perlengkapan yang harus dibawa jurnalis saat hari-hari dilapangan: Bung Bambang salah satu penggiat Media menyampaikan pada media ini saat berbincang santai sembari menikmati minum kopi, dikawasan Kuta Mandalika – Lombok Tengah – NTB. Selasa (31/1/2023).

(1) KARTU ID CARD : Jangan mengaku jurnalis jika tak bisa menunjukkan kartu identitas pers anda. Karenanya, untuk mempermudah liputan dilapangan dan agar tidak dibilang jurnalis abal-abal, pastikan benda ini selalu terbawa saat liputan.  Kalau perlu selalu gantung dileher agar tidak terlupa tertinggal dirumah” Jelas Bung Bambang.

(2) BUKU CATATAN : Salah satu benda yang selalu ada dalam tas wartawan. Sederhana, tapi benda ini sangat berguna untuk mencatat info-info penting yang disampaikan Narasumber, tambahnya

(3) PEREKAM SUARA : Mencatat terkadang kurang lengkap – karena bisa saja ada informasi yang terlewatkan. Inilah pentingnya membawa perekan suara. Jika ada informasi yang tak sempat tercatat, wartawan tinggal mendengarkan hasil rekaman, jelas Bung Bambang.

(4) KAMERA : Adalah benda wajib untuk seorang jurnalis, namun sebagai jurnalis alat ini juga penting. Gunanya untuk memotret momen-momen yang tengah diliput.

(5) SMART PHONE : Perekam suara maupun buku catatan, solusinya bawa smartphone yang mendukung ketiga hal tadi. Syaratnya, bawalah gadget yang didukung kamera berkualitas baik dan jernih” tambahnya.

 

(6) INTERNET : Dizaman yang sudah serba canggih seperti sekarang, apalah arti HP mahal dan bagus jika tak ditunjang jaringan Internet. Terlebih bagi jurnalis bekerja dimedia online.

(7) HEADSET : Sebenarnya bukan benda wajib. Namun barang yang satu ini juga cukup penting untuk kegiatan jurnalistik. Dengan menggunakan Headset, seorang jurnalistik dapat mendengarkan hasil rekaman dengan lebih jelas dan jernih” tutupnya []

 

(Red) Roni Ganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *