RajaBackLink.com

TIDAK ADA PROGRES PENANGANAN : PKN GERUDUK KIP – POLDA DAN INSPEKTORAT

TIDAK ADA PROGRES PENANGANAN : PKN GERUDUK KIP – POLDA DAN INSPEKTORAT

Dinastinews.com Aceh | Surabaya – Lembaga Pemantau Keuangan Negara (PKN) hari ini Selasa (24/01/23) Lakukan aksi demonstrasi digedung KI – POLDA – dan INSPEKTORAT JATIM

Aksi turun kejalan ini berkaitan dengan adanya indikasi korupsi di Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Pada Tahun Anggaran 2017 berupa Belanja Peralatan dan Mesin yang hingga kini belum ada kepastian hukum.

Belanja tersebut ialah pengadaan alat-alat bengkel CNC dan Printer (SMK) yang ditetapkan dengan Pagu Anggaran sebesar Rp. 17.475.000.000 dan HPS ditetapkan sebesar Rp. 17.474.400.000 dan diduga ada kerugian negara hingga Rp. 1.5 Milyar.

Adapun tuntutan PKN ialah
1. Segera Memproses dugaan Korupsi ini sampai ke Persidangan Tindak Pidana Korupsi.
2. Mendesak Inspektorat agar segera Melaporkan Hasil Penghitungan kerugian Negara yang ditemukan dalam Laporan dugaan Korupsi ini.

Kepala Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Timur (Imaduddin) mengatakan: “Keterlambatan respon bukanlah keberpihakan, namun karena panitera pengganti yang KIP miliki hanya 1 orang dan sengketa informasi yang masuk dan harus kami tangani banyak” jelasnya saat menemui para demonstran.

Lebih lanjut ia katakan “Terkait putusan yang dirasa tidak sesuai, maka silahkan tempuh pada saluran saluran yang ada” pungkasnya.

Aksi demo berlanjut ke Mapolda Jatim, disana wakil PKN di temui oleh AKP Ahmad Rudi selaku Penyidik, dalam kesempatan itu, Rudi mengatakan bahwa:
“Perkara ini dalam tahap Klarifikasi, dan kita mau mencocokkan data dari pemohon juga data dari termohon terlebih dahulu”

Iapun menegaskan: bahwa: Telah bersurat ke Inspektorat pada tanggal 15 Desember 2022 dan sampai hari ini belum turun” imbuhnya.

Kepada wartawan AKP Ahmad Rudi menuturkan: “Sejauh ini telah memanggil 5 pihak – yang sudah dipanggil hingga saat ini ialah: Penyedia – BPK – ULP – Staf Dinas Pendidikan Jatim – dan pelapor (PKN)” pungkasnya.

Tuntas di Mapolda Jatim massa PKN beranjak ke kantor Inspektorat Jatim, sembari menyampaikan orasi wakil dari PKN masuk untuk meminta beberapa keterangan dan berkas dari Inspektorat didalam gedung inspektorat.

Melalui pertemuan antara wakil PKN dan pihak Inspektorat dihasilkan beberapa informasi
— Pertama bahwa tentang perkara ini telah di bentuk team khusus sejak awal bulan januari tahun ini.
— Kedua bahwasanya sudah ada hasil sementara namun tidak bisa disampaikan karena itu nanti akan diserahkan kepada penyidik POLDA Jatim.
— Dan ketiga bahwa ditargetkan nanti pada awal Februari semua berkas akan rampung diserahkan ke POLDA Jatim.

Moh. Sahidi – Roni Ganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *