RajaBackLink.com

Kasat Narkoba ” Jum’at Curhat ” Berikan Ruang Diskusi dan Pemahaman akan Narkotika dan Obat Obatan Terlarang.

Kasat Narkoba ” Jum’at Curhat ” Berikan Ruang Diskusi dan Pemahaman akan Narkotika dan Obat Obatan Terlarang.

 

Dinastinews.com “Jumat Curhat” Bersama Polres Merangin ,jum’at 20 Januari 2023 pukul 10.00 wib bertempat di Aula kantor Camat Tabir telah dilaksanakan “Dialog Jum’at Curhat” dari Polres Merangin dengan Narasumber ” Sat Narkoba ” polres Merangin.

 

Pada kesempatan ini Kapolres Merangin AKBP. Dewa Ngakan Nyoman Arinata. S.I.K.,MH melalui Akp. Simsal Siahaan. S.ap.MH,pada awak media ini menyampaikan, kita telah melaksanakan Program Quick Wins Presisi yang di kemas dalam kegiatan Jum’at Curhat.

 

Secara Umum tentu kita telah mengetahui bersama maksud dari Jum’at curhat adalah ” bentuk dari dialog antara masyarakat dan Polri di situ jajaran guna membahas permasalahan atau pun polemik sosial yang terjadi di tengah masyarakat “.

 

Nah. ! Pada kesempatan ini,ujar Simsal pada awak media ini. Satuan Reserse Narkoba Polres Merangin adalah ” DOMAIN LANGSUNG TERHADAP TINDAKAN PENYALAHGUNAAN OBAT OBATAN TERLARANG DAN NARKOTIKA “.

 

Kita semaksimal mungkin memberi Penjelasan secara Hukum dan secara Profesional dari Ketergantungan penggunaan Narkotika,ujar Simsal.

 

Seperti halnya dengan kegiatan ini dan dihadiri Camat Tabir Jalaludin . S.pd. Waka Polsek Tabir Ipda. Zulkarnain. Ipda. Saepudin. Kbo Sar Narkoba.

Tokoh Masyarakat,Adat,balai Rehab Narkoba dan Masyarakat.

 

Dalam Kegiatan Jumat Curhat di buka oleh Camat Tabir menyatakan bahwa kegitan ini merupakan Program dari Polri untuk menyerap masukan dari Masyarakat, maupun mendengarkan langsung segala keluhan termasuk dalam hal pelayanan Polri khusus nya bidang ” Narkoba ” dan bekerja sama dengan unsur Pemerintahan Kecamatan/Desa serta Tokoh Pemuda, Todat, Toga, di Kec.Tabir

 

Selanjutnya dilaksanakan Arahan dari Kasat Narkoba Polres Merangin AKP SIMSAL SIAHAAN. S.ap. MH berupa :

 

1. Memberikan Ruang Diskusi untuk Masyarakat sesuai dengan Program Kapolda Jambi dalam bidang Narkoba terkait masih tinggi nya Pemakai Narkoba di Lingkungan Kec. Tabir dengan kategori ” Tertinggi ”

 

2. Agar Masyarakat sebagai Pelopor untuk mengurangi tingkat Pemakaian Narkoba dengan membantu memberikan informasi kepada pihak Kepolisian.

 

3. Dampak serta Tata Cara Mengobati adanya Keluarga yang sudah menjadi Korban/ Pemakai Narkoba agar berdiskusi dengan Balai Rehabilitasi Narkoba yang ada di Kab. Merangin

 

4. Masyarakat di berikan untuk melakukan Tangkap Tangan sesuai dengan KUHAP untuk mengurangi Celah bagi Pengedar untuk melakukan transaksi Narkoba.

 

” Arahan dari Balai Rehabilitasi Narkoba Kab. Merangin ”

 

1. Merubah Mainset tentang tempat Rehap dengan Membuka Ruang bagi Pengguna /Pemakai Narkoba

 

2. Memberikan Sarana Prasarana berupa terapi bagi Pengguna Narkoba dengan mengacu Pasal 54 UU No 35 tahun 2009.

 

3. Memberikan Pelatihan Ketrampilan bagi Pengguna Narkoba berupa Pelatihan dengan harapan merubah pola hidup pengguna agar lebih baik.

 

Pada kesempatan ini,cukup menarik pula hadir dari Mantan Pengguna Narkoba, dengan menyampaiakan Testimoni tentang Narkoba dan efek langsungnya.

 

“Agar Masyarakat lebih selektif untuk Menjaga Anak dan Keluarga serta Menghindari Lingkungan dan Pergaulan Bebas dari Pengguna/ Pemakai Narkoba “.

 

Saat dialog ini,timbul bentuk dari Quis bermanfaat diantaranya.

-Bagaimana Cara Masyarakat untuk melapor apabila ada menemukan kejadian Pesta Narkoba atau Transaksi Narkoba

– Agar ditindak Anak² yang Nongkrong di Ruko Pasar Baru di Malam hari..

– Agar Meningkatkan Kegiatan Patroli dari Kepolisian di Wilayah Tanjungan Ilir dan Pasar Rantau Panjang.

– Dimungkinkan adanya Oknum yang memasok Narkoba ke Wilayah Kec. Tabir .

– Meningkat nya Pengguna dan Pengedar Narkoba yang semakin terang terangan dalam melakukan Transaksi Narkoba mohon kiranya untuk Merespon Cepat Laporan yang sudah masuk

 

” Beberapa curhatan dari tokoh masyarakat dan pemerintahan tersebut, Tanggapan dari Kasat Narkoba berupa ” .

 

1. Ucapan Terimakasih untuk Camat Tabir telah mendukung kami dalam acara Jum’at Curhat ini.

 

2. Menghubungi Kepolisian terdekat dari BKTM, POLSEK, hingga Polres serta langsung menghubungi Kasat Narkoba, ” intinya yang ingin saya sampaikan bahwa masyarakat ikut berperan aktif melawan penyalahgunaan narkoba mulai dari keluarga dan lingkungan sekitar.

 

Disamping itu,paling tidak pada saat penangkapan oleh POLRI agar dibantu dan tidak menghalang halangi atau melindungi pelaku lahgun narkoba.

 

3. Saran dan Masukan akan disampaikan ke Kapolsek Tabir untuk dilaksanakan patroli terkait dengan pemuda nongkrong sambil ngelem.

 

4. Saran dan Masukan Siskamtibmas akan disampaikan ke Polsek Tabir utk laksanakan patroli ke daerah tsbt khususnya jam2 rawan kriminalitas

 

5. Kami akan Lidik siapa oknum ” bila ada ” apakah benar oknum atau hanya masyarakat sipil mengaku oknum karna sampai saat ini, dalam ungkap kasus belum ada oknum yg terlibat.

 

6. Agar Komunikasi Intensif kembali ke Sat Narkoba (kasat memberikan no telp/Wa ) kami siap membantu dan berharap kpd bapak ibu utk berperan aktif khususnya TOMAS utk membantu pihak kepolisian.

 

Hambali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *