RajaBackLink.com

Kapolsek Bangko,Quick Wins presisi Jum’at Curhat,Sentuhan Langsung pada masyarakat,Mari Jalin silaturahmi guna Pemberdayaan pelaksanaan Kamtibmas.

Kapolsek Bangko,Quick Wins presisi Jum’at Curhat,Sentuhan Langsung pada masyarakat,Mari Jalin silaturahmi guna Pemberdayaan pelaksanaan Kamtibmas.

Dinastimews.com – Merangin Jambi,Jum’at 13 Januari 2023.Pelaksanaan Program Quick wins Presisi Jum’at Curhat Polsek Bangko pukul 09.10 Wib bertempat di Kantor Desa Langling Kec. Bangko dan dilaksanakan kegiatan Juma’at Curhat Polsek Bangko dengan Warga, Tomas, Toga dan Todat desa sei Kapas Kec. Bangko Kab. Merangin.

Kapolres Merangin AKBP. Dewa Ngakan Nyoman Arinata. S.I.K.,MH melalui Akp. Harianto Sitepu. SE.MM Kapolsek Bangko di dampingi Ipda. Jasman Waka Polsek Bangko.

Pada kegiatan ” Jum’at Curhat ” bersama tokoh masyarakat dan warga desa,diantarannya Kegiatan dihadiri oleh :

– Kades Langling Arsah Mafadol

– Sekdes Langling Hikmah AJ

– Ketua Lembaga adat Ramlan

– Staff Pemerintah desa dan utamanya masyarakat Desa Langling.

 

Sebelumnya Kapolres Merangin sangat mengapresiasi kehadiran dari warga masyarakat desa langling pada kegiatan Jum’at curhat yang di laksanakan polres Merangin melalui Jajaran polseknya.

 

Pada kesempatan ini,Kapolsek mempersilahkan utama dari tuan rumah di desa langling memberi Sambutan sepatu dia patah kata pembuka dari kegiatan curhat.

 

Pertamanya, ” Kami selaku yang mewakili masyarakat desa Langling ” ujar kades, kami mengucapkan apresiasi dan terimakasih atas Program Polri yang merupakan wadah keluhan dan penyuluhan tentang semua aspek yang berhubungan dengan keamanan dan ketertiban yang dilaksanakan Polsek bangko dengan program ” JUM’AT CURHAT langsung masyarakat dengan Polri ” sehingga ” kami ujar kades ” warga dan masyarakat merasa dekat berdampingan dengan pihak pengayom pelindung Masyarakat merasa tersentuh langsung terhadap pelayanan Polri, dan yang tak kalah pentingnya yaitu kami masyarakat dapat menyampaikan secara langsung kejadian – kejadian yang terjadi di dalam desa baik itu hukum negara maupun hukum adat.

 

Dan lainnya kami akan menyampaikan serta meminta penjelasan dan penerangan tentang hal tersebut kepada penegak hukum dalam hal ini Polsek bangko sehingga nantinya kami dalam mengambil langkah – langkah persoalan yang ada tidak keliru (salah) sekali lagi saya ucapan terima kasih atas program ini yaitu Jum’at CURHAT bersama Polri.

 

Kades dengan semangatnya menyampaiakan saat dialog curhat, tak lupa pula ” saya ujar kades “,saya sampaikan terima kasih juga atas pelayanan yang telah di berikan oleh Polsek bangko, dengan segala upaya untuk penyelesaian permasalahan yang ada diselesaikan dengan baik dan selalu ada untuk masyarakat dan sekaligus apresiasi terhadap Pak babin yang turut dan selalu hadir dalam giat masyarakat.

 

Dengan Kehadiran personil Polri di tengah masyarakat Desa Langling dan wilayah lainnya dibawah naungan Polsek bangko dengan membawakan program ” Continued yang diprogramkan Pimpinan Polri tertinggi” sepatutnya dilaksanakan secara rutin terutama kegiatan patroli malam sangat memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat. Tutup Kades.

 

Bak pepatah,gayung bersambut dan kembali di ucapkan Terimakasih kepada bapak Babin yang mengajak kami masyarakat pada kesempatan hari ini sama sama kita berkumpul di desa sei kapas sekaligus mempererat silaturahmi dengan program Polri yang baik ini, dan kedepannya kita bersama – sama menjaga keamanan dan ketertiban dengan mengedepankan kekeluaragaan didalam masyarakat.

 

Tokoh adat sampaikan,kepada semua yang hadir dalam giat jum’at Curhat di Aula Kantor desa Langling, program ini luar biasa disinilah kita dapat ilmu sekaligus tantanan pemerintahan desa tentang program yang didampingi dengan ilmu keadilan dalam hukum kepada Kapolsek dan personilnya. Ujar nya.

 

kami tidak menyangka ada program sebagus ini sehingga kami merasa dekat dan dengan jelas kami nanti bisa menyesaikan permasalahan yang ada di desa dengan benar dan tidak melanggar hukum dan kami akan kerja sama untuk memciptakan situasi yang aman dan kondusif,sehingga apa yang menjadi permasahan tidak berkembang menjadi opini buruk dan signalmant negatif di tengah masyarakat. Tutup nya.

 

Menyambut apa yang di sampaikan tokoh masyarakat dan pemimpin desa,. Dilanjutkan Penyampaian Kapolsek Bangko AKP. Harianto Sitepu, SE.MM

 

Pertamanya, Terimakasih kami sampaikan kepada masyarakat desa sei kapas Kec. bangko atas sambutan yang diberikan kepada kinerja personil Polsek Bangko, kedepan mari sama sama kita terus menjalin hubungan kekeluargaan anatara masyarakat dengan anggota Polri.

 

Kedua,Dengan adanya polemik atau permasalahan yang ada ditengah masyarakat mari kita selesaikan dengan upaya musyawarah dan kekeluargaan untuk menciptakan situasi yg aman dan kondusif, namun Kepala desa dan perangkatnya atau pun tokoh masyarakat harus juga bisa membedakan setiap permasalahan.

 

Ada upaya penyelesaian permasalahan di tingkat desa dan di selesaikan dengan ” pola kekeluargaan ” dan ada pula yang berkaitan dengan hukum baik itu hukum negara,sudah tentu di selesaikan melalui mekanisme hukum yang berlaku. Namun ada peran utama, maupun hukum adat karena diwilayah hukum kita polsek bangko telah terjadi penyimpangan adat.

 

Yang di maksudkan yang ” tidak bisa membedakan antara hukum adat dan hukum negara hal tersebut dapat berdampak pada konsos di tengah – tengah masyarakat ” ujar Kapolsek.

 

Melalui wadah ini ” lanjut Kapolsek “kita dapat searing dan membagi pengetahuan tentang hukum sehingga kedepannya masyarakat kita jeli dalam mengambil langkah jelas dalam menyelesaikan masalah dan tidak timbul konflik baru dalam masyarak sehingga dapat tercipta situasi yang aman dan kondusif.

 

Ketiganya Paparan Kapolsek, permasalahan terkait permasalahan hukum ataupun terkait kejahatan jangan ragu datang langsung ke Polsek bangko karena program Polri adalah merespon cepat ttg laporan Masyarakat. Ucapnya.

 

keasikan dialog yang sangat membangun ini di lanjutkan dengan Kegiatan diskusi dan saling tanya jawaban tetkait keluhan – keluhan tentang keamanan dan ketertiban di desa sei kapas.

 

Yang di antaranya Pokak Diskusi Jum’ar Curhat adalah sebagai berikut .

 

1. Disampaikan keluhan dan pertanyaan oleh lembaga adat yang mempertanyakan

– Apakah lembaga adat apabila mengalami jalan buntu dalam menyelsaikan masalah di desa Apakah dari pihak desa bisa memutuskan penyelesaian tersebut yang selama ini harus dan diwajibkan untuk di naikan ketingkat Kecamatan, namun selama ini di tingkat kecamatan tidak ada kepastian tentang permasalahan tersebut dan mohon kiranya pak Kapolsek memberikan Masukan kepada kami.

 

Ketertarikan memberi jawaban pada warga adalah unit nawa cita dari program Jum’at curhat, tegas dan dengan kekeluargaannpenuh,Kemudian di jawab oleh Kapolsek bangko,

1. Terkait hal tersebut memang masalah adat dimana masalah adat harus diselesaikan secara berjenjang dan tetap harus diberitahukan kepada tingkat kecamatan,namun upaya desa pun untuk menyelesaikan permasalah itu lebih baik karena kepala desa diberi wewenang untuk mengatur pemerintahan desa dan tokoh adat didesa paling tinggi adalah kepala desa sehingga desa berhak untuk memutuskan perkara tersebut dan dilandasi juga dengan Perdes.

 

2. Bincang aktif ini dilanjutkan ke Pertanyaan kedua yang disampaikan ketua Rt 04 Hendri. Dengan Mempertanyakan ” Apakah dalam melakukan Poskamling kita warga ada SOP terhadap keamanan yang melakukan Poskamling…?

 

Domain utama Kamtibmas memberi pengertian langsung pada warga,Kemudian diberi penjelasan oleh Kapolsek dan Waka Polsek Bangko

 

1. Terkait hal tersebut untuk Poskamling itu SOP nya ada pada lingkungan masing-masing yang bernaungan pada Perdes dan fungsi Poskamling adalah guna pencegahan terhadap orang yang akan melakukan kejahatan.

 

2. Kemudian dijelaskan juga bahwa keamanan terhadap peronda yang jaga Poskamling kita harus mempunyai tehnik dan taktik pada saat kita untuk melindungi diri saat mendesak dan mengancam kemanan diri.

 

Maka kita harus cepat memanggil/menghubungi warga dengan cara sandi,bunyi bunyian tertentu atau memukul kentungan dan langsung menghubungi Polsek bangko untuk reaksi cepat dan apa bila kita menyelesaikan masalah jangan sampai timbul masalah dan kita dilarang main hakin sendiri.

 

Kemudian Rt 02 Sugeng Meminta kepada Kapolsek Bangko agar personilnya melakukan Patroli rutin di KONI Bangko karena tempat tersebut sering untuk perkumpulan anak muda yg melakukan kegiatan seperti minuman keras ngelem dan sangat mengganggu keamanan dan ketertiban di lingkungan RT 02 desa langling.

 

Kemudian hal tersebut direspun baik oleh pak Kapolsek bangko dan menjadi atensi polsek bangko untuk menindak lanjuti dan akan lebih sering melakukan Patroli dutempat tersebut terutama pada jam – jam rawan yaitu pada malam haru.

 

Kegiatan Jum’at curhat Polsek bangko disambut masyarakat dengan antusias selama giat berlangsung berjalan dengan baik dan lancar saat giat masih berlangsung, diperkirakan selesai pukul 10.40 Wib, situasi aman dan Kapolsek sangat mengapresiasi,disamping itu peran aktif warga dalam melangkah Kamtibmas adalah keutamaan dalam sistim keamanan lingkungan dan perlu di ingat,saat akan menutup konfirmasi. Kapolsek sampaikan Tetap selalu menerapkan protokol kesehatan.

 

Hambali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *