RajaBackLink.com

Danlantamal I Narasumber Acara Talkshow Di Geladak KAL Viper Yang Digelar RRI Medan

Danlantamal I Narasumber Acara Talkshow Di Geladak KAL Viper Yang Digelar RRI Medan

Dinastinews.com Belawan — Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo menjadi narasumber pada acara Talkshow dalam rangka HUT Ke-77 TNI Tahun 2022, yang diselenggarakan oleh RRI Medan diatas geladak KAL Viper Satrol Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Kamis (06/10/2022).

Adapun judul Talkshow yaitu “Dari Belawan Mengawal Bahari Kita ”. Dalam kegiatan Talkshow tersebut, Komandan Lantamal I menyampaikan bahwa Lantamal I mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan guna menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur TNI AL, menyelenggarakan patroli keamanan laut di wilayah kerja Lantamal I, dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut di wilayah kerjanya.

Pembinaan kekuatan dan kemampuan guna menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan Lantamal. Pertama, menyediakan fasilitas labuh dan pemangkalan bagi kapal, Marinir dan satuan operasional TNI AL lainnya yang melaksanakan tugas di wilayah kerja Lantamal I. Kedua, melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan kapal, maupun kendaraan lain sesuai kemampuan, serta dukungan fasilitas6 kendaraan bagi unsur-unsur TNI AL. Ketiga, melaksanakan dukungan pembekalan, bekal umum, bekal tekhnik dan bekal khusus melalui kegiatan pengadaan, penyimpanan serta penyaluran sesuai tingkat dan lingkup kewenangannya. Keempat, melaksanakan perawatan personel termasuk penampungan, perumahan, pelayanan dan dukungan kesehatan, angkutan, rekreasi, penegakkan serta pembinaan tata tertib dan disiplin, pembinaan mental dan jasmani serta bantuan hukum, serta penyidikan kasus-kasus tindak pidana. Kelima, membina kekuatan dan kemampuan jajaran Lantamal I meliputi perencanaan, penyusunan, pelatihan, penyiapan dan pelaksanaannya.

Tugas penegakkan hukum dan menjaga keamanan di laut dilaksanakan dalam bentuk pembinaan kemampuan dan penyelenggaraan operasi keamanan laut dalam rangka penegakkan kedaulatan serta hukum di laut dan melaksanakan koordinasi, pengaturan pertahanan pangkalan, membantu proses penyelesaian perkara pelanggaran keamanan laut. Sedangkan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut meliputi kegiatan pembinaan masyarakat maritim, pembinaan sumber daya alam dibidang maritim, pembinaan sumber daya buatan serta dinamisasi pembangunan kelautan di wilayah Lantamal I.

Selain itu, kegiatan tersebut sesuai dengan salah satu perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono yakni mengenai kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Turut hadir mendampingi dalam giat Talkshow tersebut diantaranya Pjs. Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Gemma Eka Putra, M.Tr.Opsla., CIQnR., Asintel Kolonel Laut (P) Dafris, Kadiskum Letkol Laut (KH) Sulastri, Pjs. Kadispen Mayor Laut (P) Legiyanto, Komandan KRI dan Komandan KAL Viper serta personil jajaran Satrol Lantamal I dan perwakilan Kowal Lantamal I.

Bagas Ariebowo

(Dispen Lantamal I)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *