RajaBackLink.com

Team Assesment Unisco Kunjungi Rumah Tuo di Wilayah Hukum Polsek Tabir

Team Assesment Unisco Kunjungi Rumah Tuo di Wilayah Hukum Polsek Tabir

 

Dinastinews.com – Merangin Jambi, Minggu 9 Oktober 2022.

Team Penilaian dari UNESCO. Mr. Babis C Fasoula dan Mr. Alireza laksanakan Penilaian di rumah tuo “rumah panjang”

Rumah Tuo Rantau Panjang berada di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin provinsi Jambi yang berjaraknya kurang lebih berkisar 30 kilometer dari Kota Bangko, atau kurang lebih memakan waktu 45 menit dari Bangko.

Keunikan dalam pembangunan rumah tuo tak menggunakan paku dan menandakan tradisi alam dalam pembangunan.

Penduduk Rantau Panjang diperkirakan menjadi suku tertua di Jambi dikenal dengan Suku Batin. Desa ini juga merupakan desa tertua yang ada di Provinsi Jambi, dan diperkirakan telah menempati desa rantau panjang dulunya tersebut selama kurang lebih 700 tahun.

Pesona Rumah Tuo Rantau Panjang Pada desa ini, dapat ditemukan Rumah Tuo Rantau Panjang sebanyak 60 buah yang berdiri tegak hingga kini. Terbuat dari kayu, rumah ini berbentuk seperti rumah

Rangkaian penilaian Asessment Geopark di Kabupaten Merangin yang di laksanakan Team UNESCO,tentu mendapat banyak perhatian dari Publik baik dari manca negara maupun domistik.

 

Minggu 9 Oktober 2022,sekira pukul 10.15 wib telah dilaksanakan ” Evuasi Geopark Merangin ” oleh team UNESCO bertempat di Rumah Tuo Kelurahan Kampung Baruh Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin

 

Pada kesempatan ini Bupati Merangin H. Mashuri di dampingi Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya. SE. Kadis Pariwisata Merangin, Kadisbud Merangin, tim Geopark Merangin dan Jambi.

Kedatangan Tamu Istimewa dari Assesment UNESCO GEOPARK disambut Assisment Rumah Tuo Iskandar dan Ketua LAD Tabir Mukhtar..

 

Kegiatan Evaluasi GEOPARK mendapat Pengamanan oleh dari Polres Merangin, Akbp. Dewa Ngakan Nyoman Arinata. S.I.K.,MH melalui Domain utama pemilik Wilayah Hukum yakni Iptu. Adha Fristanto. SH.MH beserta Personil. Sedangkan untuk pengawasan disisi Intelijen langsung dilaksanakan Kasat Intelkam polres Merangin Akp. Malik. SH. Dan untuk Akp. Bambang Soestyo. SH.MH. Kasat Lantas Polres Merangin memberi pengawalan langsung.

 

Kapolres Melalui Kapolsek Tabir sampaikan pada Awak media Dinastinews.com pengawalan pada tamu daerah ini telah dilaksanakan dengan SOP Pengawalan VIP utuh yang dilaksanakan Satuan satuan Fungsi di Polres Merangin dalam rangka menciptakan situasi Konduksif.

 

Hambali

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *