RajaBackLink.com

Empat Jam di Geopark,Kapolres Dampingi Wakil Bupati Merangin Tinjau Fosil Ratusan Juta Tahun Lalu

Empat Jam di Geopark,Kapolres Dampingi Wakil Bupati Merangin Tinjau Fosil Ratusan Juta Tahun Lalu

 

Dinastinews com – Merangin Jambi Sabtu, 1 Oktober 2022. Bersama telah di ketahui khalayak umum Kabupaten Merangin tentu tidak asing dengan Geopark, Kumpulan Batu yang terciplak dari Vegetasi alam tanpa bisa di perbarui sehingga menjadi Fosil membatu dengan Ornamen dan motif alam sejak ratusan Juta tahun lalu.

Merangin Jambi memiliki Keunikan tersendiri dari sisi wisata Fosil, Geopark nasional di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi yang terletak di Pulau Sumatera, Indonesia. Ada tiga keunikan geologi utama di Geopark Merangin Jambi.

Rangkaian kegiatan Assesment Geopark Merangin yang akan di laksanakan tanggal 7 hingga 11 Oktober 2022,guna kesiapan menerima tamu negara dari perwakilan UNESCO. Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan pula kegiatan kebersihan dan persiapan presentasi diantara nya ” pengenalan kopi asli Merangin dari Serampas “

Bertempat di Lesehan ” co working space ” GEOPARK Merangin – Jambi kantor Bappeda Kabupaten Merangin sekira Pukul 09:30 wib, Barista dari Kantor Bappeda langsung Ketua Bappeda Dr. Agus Zainudin meracik kopi untuk diseduh dan Hidangkan langsung pada Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya. SE dan Kapolres Merangin Akbp. Dewa Ngakan Nyoman Arinata. S.I.K.,MH serta tamu istimewa Merangin yakni MAGDALENA RITONGA S.T.M.T DOSEN SAIN DAN TEKNOLOGI UNJA dan Konsultan Geopark MALA.

dari Konsultan guna mensukseskan Assesment Geopark di Merangin 7 / 11 Oktober 2022.

Sekira Pukul 09:50 wib,Rombongan Wakil Bupati Merangin,Kapolres Merangin serta pejabat berkompeten langsung terhadap kegiatan Assesment Geopark menuju Teluk Wang Sakti di wilayah hukum Polsek Bangko yang di Pimpin Akp. Harianto Sitepu. SE.MM. dalam rangka persiapan persiapan menerima Penilaian Geopark Merangin.

Beranjak sekira 4 km arah kecamatan Renah Pemarap,

Kapolres beserta rombongan sekira pukul 11:18 wib menuju Lokasi wisata Situs Fosil di Muara Karing,formasi 3 km dari jalan lintas bangko kerinci, fosil yang terdapat di area ini taksir berumur 250 juta tahun, skala ukur akan umur fosil yang berasal dari kayu berdasarkan ” Uji carbon untuk menetukan usia suatu Objek ”

Dari bebatuan yang telah berumur ratusan tahun ini di beberapa tempat terdapat Ciplakan Berbentuk Serat daun utuh pada bebatuan sungai,dimana terbentuk dan berbentuk Pola Dedaunan Pakis terukiran pada batu cadas Sungai Merangin.

Dr. Agus Zaenudin Kepala Bappeda kita akan mengikat pada ketentuan hukum mengikat akan Ekploitasi dan akan berkaitan langsung dengan undang undang Minerba nomor 3 tahun 2020 undang undang Minerba.

Disamping peraturan daerah akan mengikat kegiatan ekploitasi sebagai wacana pasilitasi pada undang undang Minerba bila ada dilaksanakan ekploitasi ilegal terhadap Cagar budaya dan fosil alam yang telah berumur 250 juta tahun lalu.

Agus juga sampaikan pada koordinasi bersama Wakil Bupati Merangin dan Kapolres Merangin,salah satu keutamaan dilaksanakan nya Assesment UNESCO pada Fosil ini,

UNESCO akan mempromosikan keberadaan Fosil yang tak ada di miliki negara lain di dunia.

Sekira pukul 13:00 wib dilanjutkan perjalanan ke desa Dusun Baru Air Baru, dua desa yang terkenal dengan Buah Durian segar ini juga terdapat Bangunan berbentuk taman Geopark,yang mana di desa ini merupak tempat stars dari olah raga air Arus Deras “orads” dan di desa ini juga Cap kalo di sebut Desa Arung Jeram.

Tak dipungkiri sesuai namanya,di desa ini juga terdapat pasilitas arung jeram dengan tingkat sarana dan Safety Prosedur Internasional.

Kedepannya, pengembangan Pariwisata di kabupaten Merangin akan mengacu pada pembangunan Adat sebagai warisan nenek moyang Nusantara ini.

 

Hambali

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *