RajaBackLink.com

Kapolres Sangat Apresiasi Kegiatan Adat Gendang Karo Guro – Guro Aron Mburo Ate Tedeh Se-Kabupaten Merangin.

Kapolres Sangat Apresiasi Kegiatan Adat Gendang Karo Guro – Guro Aron Mburo Ate Tedeh Se-Kabupaten Merangin.

Dinastinews.com – Merangin Jambi,Sabtu 24 September 2022. Pemandangan dan Nuasa berbeda terlihat di Gedung Sapo Girang tepatnya di Desa Dalam Buku, telah dilaksanakan Acara Budaya Adat Batak Karo di Gedung Sapo Godang Desa Salam buku Kecamatan Batang Masumai kabupaten Merangin.

Kesenian Adat acara ini untuk meningkatkan tali silahturahim sesama umat manusia khususnya di kalangan Masyarakat Karo yang berdomisili di Merangin

 

Pada hari Sabtu tanggal 24 September 2022 sekira pukul 10.00 wib hingga selesai sekira pukul 22:00 wib, di Gedung Sapo Godang Lingkungan IBRD Desa Salam buku kecamatan batang masumai Kabupaten Merangin.

Telah dilaksanakan kegiatan Gendang Karo Guro – Guro Aron Mburo Ate Tedeh Se Kabupaten Merangin.

 

Kegiatan tersebut merupakan acara adat batak Karo yang bertujuan untuk mengingatkan Masyarakat Karo tentang Pelestarian budaya Karo dimana adat tersebut menjujung tinggi nilai – nilai luhur persatuan dan kesatuan dalam rangka mempersatukan keluarga Karo.

 

Akbp. Dewa Ngakan Nyoman Arinata. S.I.K.,MH Kapolres Merangin Melalui Kompol. Agus Saleh Kepala Bagian Operasional Polres Merangin,sangat Antusias akan dilaksanakan kegiatan Adat Karo yang merupakan warisan adat serta warisan Leluhur sebagai pemersatu dan Penyambung eratnya tali silaturrahmi.

 

Kedepannya kita berharap setiap kegiatan Tradisional selalu di laksanakan dan di jadikan tolak ukur melaksanakan Silturrohmi antar warga,baik Warga yang menggunakan Suku atau Marga pada namanya,maupun warga masyarakat yang tidak menggunakan Suku/warga pada namanya. Nusantara itu luas,ujar Kompol Agus Saleh,Dari titik Nol Sabang Hingga ke Papua,Indonesia kerap di sebut Nusantara,dalam artian memiliki Adat dan suku beragam ragam.

 

Ditambahkan pula oleh Kapolres Merangin melalui Kabag Ops, Selalu Domain Utama Kamtibmas,bahwa kearipan Lokal yang kuat tentu mendukung dan menjadi benteng pertama di tengah masyarakat selaku pertahanan Kamtibmas langsung dengan pola Silaturrahmi dan adat ” bila silaturrahmi dan adat kuat,maka gangguan Kamtibmas tak akan mudah terjadi di suatu wilayah adat ”

 

Selaku Personil Polri yang berkebetulan Selaku Kepala Polisi Sektor Bangko, Akp. Harianto Sitepu. SH.MM ditunjuk selaku ” Ketua Pelaksana “. Drs. Bahtera Pinem selaku ” Wakil Ketua “. Dan Ir. Selamet Sudartono Selaku ” Sekertaris “.

 

Sangat di hormati pada Kegiatan Gendang Karo Guro – Guro Aron Mburo Ate Tedeh Se Kabupaten Merangin dihadiri tamu Istimewa yakni Dandim 0420/Sarko Letkol. Inf. Amaraldo Cornelius beserta Nyonya, Kajari Merangin diwakili oleh Kasi Intel. Taufik

Kepala dinas Kesehatan dr. Soni, Ibu Wakil Bupati Merangin serta Teristimewa undangan.

 

Adapun Personil Polsek Bangko yang melaksanakan monitoring dan Pengamanan, Iptu. Sakirman ” Waka Polsek Bangko “. Aipda. Malik Handoko ” Kanit Ik Polsek Bangko”. Aipda. Agus Herjianto. Bripka. Rusdi Purba “bhabinkamtibmas barang Mesumai “. Brigadir Dedi Barus.

 

Hambali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *