RajaBackLink.com

Penyebab Haid Hanya 1 Hari, Jangan Takut Dulu!

Penyebab Haid Hanya 1 Hari, Jangan Takut Dulu!

Haid pada wanita bisa berbeda satu sama lain, termasuk dalam hal lamanya siklus. Ada wanita yang haidnya bisa berlangsung berhari-hari, ada juga haid hanya 1 hari. Lalu, bagaimana jika haid hanya 1 hari? Apa saja penyebabnya?

Haid hanya 1 hari apa artinya?

Siklus haid bisa berbeda lamanya bisa lebih pendek atau lebih lama. Haid normal dapat sangat bervariasi dari wanita ke wanita, antara dua hingga tujuh hari.

Selama siklus menstruasi pendek berjalan teratur, itu termasuk normal. Namun, jika menstruasi biasanya berlangsung beberapa hari tiba-tiba menjadi jauh lebih pendek, bisa jadi karena berbagai alasan.

Apa saja penyebab haid 1 hari?

Ada berbagai penyebab haid 1 hari yang harus diketahui, yaitu: 

1. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

2. Penggunaan alat kontrasepsi

3. Kehamilan

4. Kehamilan ektopik

5. Pil KB atau obat-obatan lain

6. Perimenopause

7. Stres

Gangguan menstruasi yang perlu diketahui

Gangguan saat tengah haid bisa bermacam-macam antara lain nyeri, aliran darah haid yang sangat deras, hingga tidak haid. Sebenarnya masih banyak lagi gangguan lainnya, namun ketiga jenis gangguan menstruasi ini yang sering wanita alami:

1. Dismenore

Dismenore atau nyeri saat haid. Nyeri haid yang terasa sesak saat haid pada remaja adalah karena peningkatan zat kimia yang disebut prostaglandin. Prostaglandin diproduksi oleh sel-sel tubuh selama reaksi inflamasi yang menyebabkan rasa sakit.

Kebanyakan remaja dengan dismenore tidak memiliki penyakit serius, meskipun kram parah terjadi. Pada wanita yang lebih tua, rasa sakit kadang-kadang disebabkan oleh penyakit atau kondisi seperti fibroid rahim (mioma uteri) atau endometriosis.

2. Pendarahan tidak normal

Pendarahan yang tidak normal atau perdarahan yang berbeda dengan periode menstruasi normal meliputi pendarahan antara siklus haid, setelah berhubungan seks, adanya bercak, aliran darah yang lebih deras dari biasanya, hingga pendarahan setelah menopause.

3. Amenore

Kondisi hilangnya satu atau lebih siklus menstruasi disebut amenore. Saat siklus haid normal, tetapi tiba-tiba tidak menstruasi selama 90 hari mungkin bisa karena gangguan makan, olahraga berlebihan, kondisi medis serius yang membutuhkan perawatan, kehamilan, menyusui, hingga penurunan berat badan.

Selain stres yang menjadi penyebab haid hanya 1 hari, tidak terpungkiri perubahan hormon dapat menyebabkan siklus haid yang lama hingga membuat menjadi haid tidak teratur. Jika penyebabnya karena perubahan hormonal, mungkin perlu menerima terapi hormonal.

Segera konsultasikan dengan dokter jika kamu mengalami haid hanya 1 hari disertai dengan gejala lainnya, ya! Termukan informasi seputar kesehatan wanita lainnya di www.yoona.id/blog.

Artikel ini juga tayang di VRITIMES