RajaBackLink.com

Press Release Peningkatan Potensi Kejadian Bencana HIDROMETEOROLOGI Provinsi Jambi Berlaku dari Tanggal 02-08 Januari 2024.

Press Release Peningkatan Potensi Kejadian Bencana HIDROMETEOROLOGI Provinsi Jambi Berlaku dari Tanggal 02-08 Januari 2024.

Merangin – Berdasarkan analisis dinamika atmosfer tanggal 02 Januari 2024 menunjukkan pola sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat Aceh, pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi)
di Pesisir Barat Sumatera, terdapat gelombang atmosfer Rossby Ekuator diwilayah Sumatera
bagian tengah dan selatan, serta aktifnya gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) yang diprakirakan akan memasuki fase 2 dan 3 (Samudera Hindia Barat Sumatera) yang
berdampak pada pertumbuhan awan hujan secara intensif di Provinsi Jambi. 3/1/24

Adanya peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan menyebabkan peningkatan peluang kejadian cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi di Provinsi Jambi seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor.
Dengan melihat kondisi tersebut, kabupaten/kota di Provinsi Jambi yang berada dalam kondisi SIAGA terjadi kondisi cuaca ekstrem yang dapat menimbulkan banjir, banjir bandang, dan tanah longsor yaitu Kabupaten Kerinci, Kab. Bungo, Kab. Merangin, Kota Sungai Penuh, Kab. Tebo, Kab.
Sarolangun serta waspada timbulnya angin kencang, genangan, induksi sambaran petir, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang di wilayah Kab. Batanghari Kab. Tanjung Jabung Barat,Kab. Tanjung Jabung Timur, Kab. Muaro Jambi dan Kota Jambi.

Provinsi Jambi terutama Jambi bagian barat terdapat wilayah rawan longsor, banjir bandang, dan banjir,.Dihimbau kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai terjadinya bencana HIDROMETEOROLOGI dengan mengenali titik-titik rawan bencana pada daerah yang akan dituju atau dilalui, melakukan pembaharuan informasi cuaca sebelum memulai dan melanjutkan perjalanan, mencari lokasi yang aman apabila kondisi hujan terjadi dalam intensitas yang tinggi dan durasi yang lama, serta selalu mengikuti arahan petugas-petugas yang terkait kebencanaan.

Untuk informasi cuaca serta peringatan dini Provinsi Jambi dapat
diperoleh melalui media sosial Instagram @bmkg_jambi dan juga dapat menghubungi call center
kami dinomor (0741) 572161 atau melalui whatsapp di 08117447110.
Kepala Stasiun,

Rilis Sumber RudiBPBD

Hambali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *