RajaBackLink.com

Jumat Curhat, Kapolres Sarolangun Ajak Masyakat Masyarakat Jaga Situasi Kamtibmas Jelang Pemilu 2024 Aman Damai

Jumat Curhat, Kapolres Sarolangun Ajak Masyakat Masyarakat Jaga Situasi Kamtibmas Jelang Pemilu 2024 Aman Damai

Jumat Curhat, Kapolres Sarolangun Ajak Masyakat Masyarakat Jaga Situasi Kamtibmas Jelang Pemilu 2024 Aman Damai

 

Jum’at (22/12/2023) pukul 09.15 wib bertempat di kantor Desa Sungai Abang Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun, Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman, S.IK bersilaturahmi bersama masyarakat Desa Sungai Abang dalam rangka kegiatan Jumat Curhat.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman, S.IK mengajak masyarakat untuk saling menjaga situasi kamtibmas agar selalu aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 nanti.

 

Turut hadir dalam kegiatan Jumat Curhat diantaranya Kompol Nafrizal SH MH Kabag Log Polres Sarolangun, AKP Suhendri SH kasat narkoba Polres Sarolangun, AKP Sukman SH kasat Intelkam Polres Sarolangun, AKP Karto kasat binmas Polres Sarolangun, AKP Rio Renaldy Siregar STK, SIK kasat lantas Polres Sarolangun, Iptu HM Sihombing Kasat samapta Polres Sarolangun, Iptu Dwiyatno SH MH Kapolsek Sarolangun serta Aparatur desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, tokoh Adat serta Masyarakat setempat.

 

Dikesempatan ini dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan keluh kesahnya kepada pihak Kepolisian diantaranya Sdr. Husairi mengeluhkan tentang sering terjadinya pencurian buah sawit Masyarakat lain mengeluhkan maraknya Narkoba serta kegiatan balap liar yang mengganggu pengguna jalan dan masyarakat dilingkungan aksi balap liar serta meminta untuk menghentikan dan melarang bila adanya organ pada malam hari..

 

Atas keluh kesah tersebut, Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman, S.IK menanggapinya dengan penanganan bila ditemukan pelakunya diselesaikan secara hukum adat, bila sudah berulang maka serahkan kepada penegak hukum.

 

“Untuk pencurian buah sawit biasanya dilakukan oleh masyarakat kita sendiri, yang biasanya dilakukan oleh anak muda di sekitaran masyarakat kita, Perlunya bimbingan terhadap para pemuda di masyarakat untuk tidak melakukan hal yang melawan hukum. Di desa kita terdapat hukum adat akan tetapi jika sudah berulangkali melakukan tindak pidana sebaiknya dilakukan dengan proses hukum” katanya.

 

Kapolsek Sarolangun Iptu Dwiyatno menambahkan bahwa Pihaknya sudah beberapa kali menaikkan laporan dan melakukan penangkapan, kebanyakan telah kita selesaikan secara adat.

“Terkait dengan adanya pencurian buah sawit yang terjadi di desa kita, sudah beberapa kali kita naikkan kita laporan ke Polsek,tetapi setelah dilakukan penangkapan kebanyakan telah kita selesaikan secara adat, Untuk pelaku yang merupakan residivis sudah berulangkali melakukan tindak pidana, maka pelaku tersebut bisa kita tahan. Selain kami dari Kepolisian melakukan himbauan, kita juga harus menasehati anak cucu keluarga kita lakukan pemantauan terhadap mereka apabila melenceng segera lakukan tindakan untuk mengarahkan” tambahnya.

 

Kapolres sarolangun memberikan nomor HPnya kepada masyakat agar jangan sungkan melaporkan kejadian kejadian kamtibmas

“Ini nomor saya sihlakan di catat dan apabila ada menemukan terkait dengan kasus tindak pidana sihlakan hubungi saya kapan saja, saya aktif 24 jam dan akan menerima laporan dari masyarakat, Terkait dengan kasus narkoba kami sangat ingin memberantas kasus tersebut yang mana sangat merugikan dan merusak generasi anak muda kita. Untuk kasus narkoba tidak ada lagi kata ampun kepada para pelaku, akan langsung kita lakukan penangkapan dan penahanan.

 

Kapolres Sarolangun juga memerintahkan Kapolsek Sarolangun untuk menghentikan dan tidak memberikan izin kegiatan organ dimalam hari.

 

Sedangkan permasalahan balap liar, langsung ditanggapi oleh Kasat Lantas AKP Rio

“Untuk balap liar yang biasanya dilakukan di simpang raya dan pada saat ini telah pindah ke tempat yang tidak ramai masyarakat, Saya sudah membuat program untuk pembuatan lokasi penyaluran hobi terhadap anak-anak yang melakukan balap liar dan insyaallah akan terealisasi pada awal tahun depan” Katanya.

 

Diakhir Acara, Kasat Binmas AKP Karto mengajak sama sama masyarakat desa Sungai baung untuk sama sama mengawasi lingkungan dan keluarga dengan membentuk Siskamling, sehingga dapat saling mengawasi keamanan di desa.

Kegiatan diakhiri dengan dengan foto bersama dan bincang santai untuk mempererat tali silaturahmi.

Hambali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *