RajaBackLink.com

Pengaman Berlapis,Polres Merangin dan Batalyon B Pelopor Satbrimobda Jambi Amankan Pemilu 2024

Pengaman Berlapis,Polres Merangin dan Batalyon B Pelopor Satbrimobda Jambi Amankan Pemilu 2024

Jelang pelaksanaan simulasi Sistem Pengaman Kota (Sispamkota) Polres Merangin gelar gladi bersih simulasi bersama  Sabtu pukul 08:00 wib pada  tanggal 16/10/2023).

Dipimpin Akbp. Ruri Roberto. SH. S.IK., M.M. M.Tt.SOU bersama Kompol. M.T. Siregar. SE. S.IK dan  AKBP. Wan Agus Hendrawijaya,SE. Danyon B Pelopor Sarbrimobda Jambi serta Personil melakukan gladi bersih di lapangan Hijau Kantor Bupati Merangin “kantor baru”.

Diantaranya Mendampingi Kapolres Merangin hadir pula Kompol. Agus Saleh. SH. Kompol. Nursan Subagyo. Kompol. Sehat Waluyo. SH. AKP. Yul Brinners. SH. Akp. Malik. SH. AKP. Simsal Siahaan. S.ap. SH.MH. Akp. Harianto Sitepu. SE.MM. AKP. Bambang Soestyo. SH.MH. AKP. Irgazali. SE. AKP. Al Irsyad. AKP. David PUL Tampubolon. Akp. Sudartono. SE.MM serta PJU Polres Merangin dan jajaran Polsek.

Gambaran Skenario kemungkinan yang terjadi dalam pelaksanaan Pemilu, seperti Penanganan Konflik  Massa Pendukung Calon yang berlaga Pada saat Pelaksanaan Kampanye.

Penanganan Keributan di TPS pada saat Proses Pencoblosan serta penanganan aksi unjuk rasa (Orasi) yang tidak tertib dan upaya antisipasi tindak kejahatan mengganggu ketertiban umum, Seluruh personel dilatih untuk menghadapi situasi tak terduga dengan sigap, profesional, dan proporsional serta tindakan Humanis.

Pada Simulasi denah di Pendopo,Pada awak media ini,Kapolres Merangin melalui Iptu. Suminto menyampaikan bahwa gladi bersih sebagai penutupan rangkaian Persiapan untuk memantapkan dan memastikan kesiapan personil serta seluruh sarana dan prasarana menuju puncak acara simulasi Sispamkota  terjamin terkendali dan tak ada kesalahan serta satu sama lain personil mengingat rekannya bila lupa akan simulasi yang di latihnya guna di terapkan di lapangan sebenarnya.

“Polres Merangin pada simulasi sebutkan penggunaan peralatan Rantis Anti Huru hara diantaranya Air Water Cannon, kendaraan Roda Empat dan Roda dua, sedangkan peralatan ringan personil ditampilkan tameng anti huru hara transparan serta beberapa alat penting sebagai pendukung. Sejumlah sarana dan prasarana lain pun turut disiapkan secara matang dalam gladi simulasi sispamkota ini.

Disamping itu Instansi terkait seperti anggota Kodim 0420/Sarko di lapangan di pimpin pasi OPS Lettu. Inf. Hengki menerjunkan anggota backup anti huru hara pada Simulasi Sispamkota Ini harus dilaksanakan dengan maksimal sebagai wujud kesiapan dalam menghadapi Pemilu 2024 yang sudah barang tentu di Dukung Personil Brimob di Kabupaten Merangin dari Batalyon B Pelopor Brimobda Jambi.

Kita harapkan pula,pihaknya akan terus bersinergi dengan seluruh unsur pengamanan lainnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten medangin, termasuk dalam menghadapi Pemilu 2024 dari Satuan Polisi Pamong Praja Pemda Kabupaten mErangkn Turut membantu pengaman yang juga terjunkan personil nya mendukung giat TNI/polri yang langsung bisa menangani hal hal mengenai pelanggaran atribut.

Pada paparan Kapolres Merangin sebutkan,untuk bantuan pengamanan di bentuk sebelum terjadinya beberapa indikasi sesuai permintaan dan pemantauan dari intelijen. Sinergi dalam pengaman harus bersama.

Sedangkan dari Danyon menambahkan harus adanya wanti wanti terhadap mobilisasi masa pada suatu tempat,dan hendaknya harus laksanakan komunikasi tepat dari perwira Staff pada personilnya.ujar Danyon.

Selanjutnya pukul 10:00 wib setelah di laksanakan Brifing,dilanjutkan dengan Simulasi Persiapan Glady Bersih bersama.

Putaran pemilu dilaksanakan tepat pukul 10:10 wib bertempat di lapangan Hijau Kantor Bupati Merangin,Dengan penangan serentak beberapa pencoblosan di laksanakan di bawah tenda,beberapa saat kemudian timbul insident salah seorang oknum warga memaksa masuk area khusus pencoblosan,dengan nada kasar oknum warga tersebut memaksa untuk mencoblos,hal ini di larang panitia di sebabkan oknum tersebut tidak memiliki surat surat suara dan tidak memiliki data diri ,beberapa saat kemudian timbul benturan fisik antara petugas pengamanan TPS di bantu personil tindak Polres Merangin dengan  membawa terduga pengganggu berjalannya pencoblosan surat suara ke Pos keamanan terdekat.

” to be continued ”

 

Hambali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *