RajaBackLink.com

Gelar Diskusi Kebangsaan, GMPK Ajak Pemuda OKI Berperan Aktif di Pesta Demokrasi 2024

Gelar Diskusi Kebangsaan, GMPK Ajak Pemuda OKI Berperan Aktif di Pesta Demokrasi 2024

Dinastinews.com, Kayuagung – Gerakan Mahasiswa Pelajar Kebangsaan (GMPK) Kabupaten OKI mengadakan diskusi kebangsaan dengan tema “Peluang dan Tantangan Generasi Muda Kabupaten OKI Dalam Menghadapi Pesta Demokrasi 2024 di 303 Cafe and Resto Kayuagung, Senin (12/6/2023).

Selain generasi muda, agenda tersebut juga dihadiri oleh beberapa politisi OKI, diantaranya anggota DPRD dan Bawaslu OKI.

Hadir sebagai narasumber, anggota DPRD OKI Muhamad Akbar memberikan beberapa tips menjadi politisi kepada pemuda OKI.

“Saat saya berusia 22 tahun, saya memberanikan diri menjadi Caleg. Rajin, berani, tekun dan pantang menyerah adalah kunci yang membuat saya menjadi seperti sekarang ini,” ujar Akbar.

Ia menceritakan kisahnya sewaktu dirinya mencalonkan diri sebagai Caleg. Saat itu ia dipandang sebelah mata oleh banyak pihak.

“Saya dulu Caleg termuda yang dianggap remeh oleh banyak orang, tetapi dengan tekat dan pantang mundur akhirnya saya bisa menjadi anggota DPRD OKI,” tegasnya.

Selain Akbar, Ketua Bawaslu OKI Ihsan Hamidi juga turut memberikan kontribusinya kepada pemuda OKI di agenda teraebut.

Ia memberikan penjelaskan tugas dari Bawaslu melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah kabupaten/kota terhadap pelanggaran Pemilu dan sengketa proses pemilu.

“Sebagai Bawaslu, tentu kami membutuhkan peran pemuda untuk bersinergi mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan Pemilu di OKI,” katanya.

Lanjutnya, karakter pemuda yang berani tentu mampu membantu kinerja Bawaslu dalam mencegah terjadinya praktik politik uang di Kabupaten OKI.

“Tentunya anak muda juga bisa menjadi penyelenggara Pemilu, baik sabagai Bawaslu maupun sebagai KPU,” ucapnya.

Sementara itu, sebagai perwakilan pemuda Ketua Harian DPP GMPK, Wilfridus Yons Ebit juga turut memberikan warna pada Diskusi Kebangsaan yang digelar GMPK itu sendiri.

Dalam kesempatan tersebut, tak lupa ia mengingatkan kepada generasi muda OKI untuk mengambil peran dalam pesta demokrasi tahun depan.

“Sebentar lagi bangsa Indonesia akan menyelanggaran pesta demokrasi lima tahunan, di mana generasi muda cukup berperan di dalamnya, baik sebagai Caleg muda maupun pemilih muda,” tegasnya.

Ia menambahkan, agenda Diskusi Kebangsaan tersebut akan terus berlanjut di kota lain di Indonesia.

“Di bulan Juni 2023 ini DPP GMPK akan mengadakan Diskusi Kebangsaan di Jakarta,” tutupnya. (Arli)

Penulis: ArliantoEditor: Arlianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *