RajaBackLink.com

Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang Kembali Resmikan Kampung Bahari Nusantara di Desa 1 Ilir Palembang

Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang Kembali Resmikan Kampung Bahari Nusantara di Desa 1 Ilir Palembang

Dinastinews.com TNI AL, Palembang — Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan bersama unsur Forkopimda Kota Palembang bertempat di Desa 1 Ilir, Jalan Sultan Agung Kelurahan 1 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 2, Palembang menyaksikan secara langsung peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) secara serentak bersama dengan 68 Satkorwil TNI Angkatan Laut melalui Vidio Conference (Vicon) oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin didampingi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, Senin (15/05/2023).

Dalam sambutannya, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia Indonesia memiliki sumber daya alam maritim yang sangat berlimpah, hal ini menjadi salah satu modal untuk mewujudkan visi Indonesia emas tahun 2045.

Visi ini menggambarkan harapan Bangsa Indonesia ke depan yaitu bangsa yang maju dan sejahtera, sejahtera rakyatnya maju peradabannya, kuat perekonomiannya melalui pembangunan yang merata dan berkeadilan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdaulat dan demokratis.

TNI Angkatan Laut sebagai perangkat negara memiliki peran yang sangat vital dalam mewujudkan agenda strategis tersebut, kapasitas TNI Angkatan Laut sesuai dengan kapasitas dan amanat undang-undang memiliki peran dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Oleh karena itu, TNI Angkatan Laut menginisiasi program Kampung Bahari nusantara (KBN) sebagai wadah pembinaan wilayah pesisir, agenda ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan ekonomi kesehatan dan edukasi dalam rangka mewujudkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh serta penunggang TNI dengan rakyat dalam mendukung sistem pertahanan semesta.

Hal ini juga selaras dengan tema yang diangkat yaitu “Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI Angkatan Laut siap mendukung transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju masyarakat maritim yang sejahtera”.

Program Kampung Bahari Nusantara ini merupakan salah satu langkah untuk mendukung pencapaian beberapa Program Prioritas Nasional Tahun 2023, beberapa program prioritas tersebut antara lain memperkuat ketahanan ekonomi yang berkeadilan, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing serta memperkuat stabilitas politik hukum pertahanan dan keamanan.

Peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI Angkatan Laut merupakan salah satu program unggulan di TNI Angkatan Laut dan sudah dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia, dimana setiap Lanal wajib memiliki desa binaan yang akan dijadikan Kampung Bahari Nusantara (KBN).

Lebih lanjut Danlanal Palembang menjelaskan, bahwa ada 5 Klaster Utama yaitu Klaster Edukasi, Ekononi, Kesehatan, Pariwisata dan Pertahanan. Harapannya Kampung Bahari Nusantara (KBN) ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat 1 Ilir khususnya masyarakat pesisir sungai Musi.

Program ini merupakan kerjasama dengan pihak pemerintah Kota Palembang beserta stoke holder dan unsur terkait lainnya.

Turut hadir pada peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI Angkatan Laut yakni, Perwira dan Personel Lanal Palembang, Kasdim 0418/Plg, Kabag SDM Polrestabes Palembag, Kasipers Lanud SMH, Kasatpolairud Polrestabes Palembang, Wakapolsek IT 2, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Kepala Dinas Tata Kota Palembang, Kasidiskes Kota Palembang, Kejari Kota Palembang, Direktur Umum PT. Pusri Palembang, Pimpinan Pegadaian Kanwil III Palembang, Camat Ilir Timur II.

Usai Peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI Angkatan Laut, Komandan Lanal Palembang memberikan paket sembako secara simbolis kepada Camat 1 Ilir. Selanjutnya paket sembako tersebut disalurkan kepada masyarakat Desa 1 Ilir.

Bagas Ariebowo

(Pen Lanal Palembang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *