RajaBackLink.com

SD Inpres Mnelaanen Gelar Upacara Hardiknas di Lingkungan Sekolahnya Dengan Busana Adat

SD Inpres Mnelaanen Gelar Upacara Hardiknas di Lingkungan Sekolahnya Dengan Busana Adat

Dinastinews.com Amanuban Timur-TTS-NTT —SD Inpres Mnelaanen, Kecamatan Amanuban Timur, menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional

Selengggarakan di lapangan SD Inpres Mnelaanen, Amanuban Timur, Selasa 2 Mei 2023.
Martha Y.L Bien, S.Pd selaku kepala SD Inpres Mnelaanen di Wilayah Kecamatan Amanuban Timur bertindak sebagai pembina upacara dalam peringatan tersebut. Hadir dalam kegiatan tersebut Para tenaga pendidik dari SD Inpres Mnelaanen dan para tenaga pendidik dari SD GMIT Haunomaten serta seluruh peserta didik SD Inpres Mnelaanen

Dalam pidato seragam dari Menteri Pendidikan, yang di bacakan dengan khidmat menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan atas segala dedikasi, ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang diberikan dalam memajukan pendidikan anak bangsa. Dikutip dalam teks bacaan pidato terakhir “Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan”.
Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Martha Y.L Bien, S.Pd kepada Media DinastiNews.com menuturkan, bahwa peringatan Hari Pendidikan Nasional pada tahun 2023 ini mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.Selain itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi juga mencanangkan bahwa bulan Mei 2023 menjadi Bulan Merdeka Belajar.

Tema tersebut dinilai sebagai semangat untuk segera pulih dan maju meningkatkan kualitas pendidikan setelah selama tiga tahun terakhir kita beradaptasi dengan terbatasnya ruang pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.
Lanjut Martha Y.L Bien, S.Pd “Untuk itu Saya mengajak sel uruh komponen pendidikan baik tenaga pendidik dan peserta didik untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar sesuai dengan minat dan bakat siswa, dengan pendekatan Merdeka Belajar seiring dengan situasi pandemi yang semakin membaik”.

Menekankan, pentingnya pembentukan karakter manusia yang merupakan manifestasi tujuan pendidikan yakni membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang beriman, takwa, cerdas, dan trampil. Oleh karena itu pendidikan baik di sekolah, keluarga, dan lingkungan harus diarahkan untuk membentuk generasi yang memiliki kemampuan daya juang dan mentalitas yang kuat serta rasa percaya diri dalam menjalani kehidupan.

“Saya berpesan agar dapat menciptakan lingkungan yang nyaman, terbuka dan mendorong kemajuan berpikir anak. Selain itu, guru juga harus menciptakan peluang bagi anak didik untuk membangun interaksi yang sehat antara anak didik dan keluarganya. Saya yakin dengan sinergi positif dari pendidikan di lingkup keluarga dan sekolah akan membentuk generasi yang unggul tidak hanya di bidang akademis namun juga berkarakter mulia.” jelasnya lebih dalam.

Kemudian jelas Kepala Sekolah, pada upacara yang juga dihadiri seluruh dewan guru, bertidak selaku pembina upacara dengan mengenakan pakaian adat Timor Dawan (TTS), terasa menambah semangat nasionalisme.
“Merdeka belajar salah satu spirit untuk menumbuh kembangkan semangat belajar lebih giat lagi. Yang utama karakter anak- harus terbangun untuk bekal di masa depan,” pungkasnya.

Seusai Upacara bendera dilanjutkan dngan tarian adat ( Bonet) bersama Para Para Dewan Guru dan Siswa- siswi di lapangan SD Inpres Mnelaanen.

Agustinus Anabanu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *