RajaBackLink.com

LSM FAKSI ACEH : MINTA KAPOLRES ACEH TIMUR – JAMIN KEBEBASAN PERS DAN KESELAMATAN WARTAWAN DARI GAYA BRUTAL OKNUM PREMANISME

LSM FAKSI ACEH : MINTA KAPOLRES ACEH TIMUR – JAMIN KEBEBASAN PERS DAN KESELAMATAN WARTAWAN DARI GAYA BRUTAL OKNUM PREMANISME

Dinastinews.com Aceh

Kordinator Front Anti Kejahatan Sosial ( FAKSI) Aceh: Ronny H minta Kapolres Aceh Timur menjamin kebebasan Pers, dan memastikan perlindungan keamanan terhadap seluruh insan Pers yang bertugas diwilayah kerjanya.
Hal itu disampaikan aktivis HAM itu mencermati sejumlah gejala dan kerawanan yang diduga timbul akhir² ini yang dikhawatirkan PREMANISME berpotensi mengancam Demokrasi – Kebebasan Pers – dan mengancam Keselamatan Wartawan saat bertugas dilapangan.

“Sebagai pemegang kuasa tertinggi atas keselamatan domestik diwilayah ini, kita minta bapak Kapolres menjamin kebebasan Pers, dan menjamin setiap insan Pers aman saat bertugas: Bebas dari Ancaman – Intimidasi – Pelecehan Kekerasan Fisik maupun Verbal serta bentuk² kejahatan lainnya terhadap Pers” kata Ronny. Senin(27/3/2023).
Ketua Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Provinsi Aceh itu juga berharap publik bisa memaklumi tugas dan kerja² jurnalistik yang bertumpu pada kepentingan pengungkapan kebenaran dan keadilan yang bermuara pada kepentingan publik yang lebih luas lagi.

“Ancaman terhadap kebebasan Pers adalah ancaman serius terhadap demokrasi dan hak asasi manusia yang tidak ditawar menawar” tegas Ronny.
” Publik mesti paham pentingnya tugas seorang wartawan, dan jangan ada yang meng-halangi²nya, karena selain informasi yang dipublisir seorang jurnalis itu penting bagi publik, kerja² wartawan juga dilindungi undang-undang: Artinya mereka yang dengan sengaja meng-halang²i kerja² Pers bisa dipidana” tegas putera Idi Rayeuk itu.

Ronny mengungkapkan adanya oknum² tertentu yang diduga secara sengaja mencoba menghalangi – Melecehkan – Mengintimidasi – bahkan Mengancam Keselamatan Wartawan yang bertugas secara sporadis diberbagai lokasi dalam berbagai kasus di Aceh Timur.
” Wartawan sejati itu bekerja untuk publik demi kepentingan masyarakat, demi terungkapnya kebenaran dan keadilan serta suplai informasi yang bernilai bagi publik, jadi jangan coba² dijahati, tapi jika ada mereka yang melakukan kesalahan, ada jalur yang sah yang bisa ditempuh sebagai upaya penyelesaiannya” ujarnya.

Ronny juga menghimbau seluruh Insan Pers Aceh Timur: Agar selalu memperhatikan rambu² Jurnalistik – Kode Etik Jurnalistik – Etika Kesopanan dan keselamatan diri saat bertugas.

” Sebagai bagian dari pengawal moralitas publik, tentunya kita sendiri juga mesti menjaga etika kesopanan yang ada dimasyarakat, menjaga citra wartawan sejati yang baik dan cerdas, berpegang teguh pada rambu² Jurnalistik, dan mementingkan keselamatan saat mengupayakan pemberitaan dari sumber² yang rawan melakukan kejahatan terhadap Pers” pungkas alumni Universitas Ekasakti itu menutup keterangannya []

Grup KPA Aceh Timur|Ronnyganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *