RajaBackLink.com

Kapolres Aceh Singkil – Kerahkan Personel Padamkan Beberapa Titik Api Karhutla

Kapolres Aceh Singkil – Kerahkan Personel Padamkan Beberapa Titik Api Karhutla

Dinastinews.com Aceh

Aceh Singkil – Kapolres Aceh Singkil. Akbp Iin Maryudi Helman. SIK. MKP mengerahkan personel Polsek Singkil Utara, untuk melihat dan memastikan langsung titik koordinat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).
Sebelumnya titik api terpantau langsung dari notifikasi melalui aplikasi lancang kuning lewat smartphone pribadi Kapolres Aceh Singkil.
“Telah terdeteksi adanya titik api besar diwilayah hukum Polres Aceh Singkil. Tepatnya pada titik koordinat 2.22229,98.0828″ kata Iin Maryudi Helman kepada wartawan. Kamis (23/3/2023).
Untuk memastikan titik api itu, Kapolres langsung memerintahkan Kapolsek Singkil Utara untuk monitoring kebakaran lahan tersebut. Setelah berada dilokasi, benar telah terjadi kebakaran lahan.
Sejumlah personel Polres Aceh Singkil yang diturunkan, langsung berjibaku berusaha memadamkan titik api kebakaran yang terdeteksi pada aplikasi Lancang Kuning.
“Setelah kami terima notif titik api dari aplikasi lancang kuning, segera pada saat itu kami telusuri titik koordinatnya yang ternyata merupakan kawasan HGU PT. Delima Makmur – Desa Telaga Bakti – Kec. Singkil Utara” ujar Kapolres Iin.
Namun pada hari kedua upaya pemadaman belum berhasil padam total, lantas Kapolres Aceh Singkil juga memerintahkan unit patroli Sat Samapta terjun langsung kelokasi untuk membantu melakukan pemadaman.
Hingga hari ketiga kebakaran hutan masih berlangsung, dan Kapolres kembali menambahkan kekuatan personel kelokasi yang juga turut serta: Kasat Reskrim – Kasat Intelkam – dan Kapolsek Singkil Utara – yang dipimpin oleh Wakapolres Kompol Hari Purnomo. SH. MH
“Kami dan personel yang hadir serta karyawan PT. Delima Makmur ber-sama² berupaya memadamkan titik api semaksimal mungkin dengan peralatan dan pelengkapan yang ada” tambah Kompol Hari Purnomo.
Kasat Reskrim bersama petugas keamanan Perusahaan PT. Delima Makmur berusaha memadamkan tiitik api dikawasan HGU PT. DM. ANTARAN / istimewa
Berkat kerjasama dan kegigihan personel dilapangan, akhirnya titik api berhasil dipadamkan. Dan notifikasi pada aplikasi lancang kuningpun berubah menjadi warna hijau, pungkas Hari Purnomo.

Kapolres Aceh Singkil Akbp Iin Maryudi Helman.SIK. MKP turut menyampaikan apresiasi kerja keras bersama seluruh personel yang telah berjuang memadamkan kebakaran hutan tersebut.

Sebelumnya, Humas PT. Delima Makmur Rahmatullah yang dikonfirmasi media ini mengungkap, pihak perusahaan yang dibantu personel Kepolisian telah berhasil melakukan pemadaman pada. Ahad (20/03/2023) kemarin.
Kebakaran lahan gambut terjadi diduga disebabkan api rokok masyarakat yang hendak memancing masuk kewilayah areal perkebunan itu.

Lantaran cuaca kemarau sehingga api cepat merambat kelahan kering tersebut.
“Sering ada orang mancing beberapa kali terlihat masuk keareal, sudah diminta untuk pergi, tapi masih juga masuk lagi kelokasi itu, kemungkinan membuang api rokoknya sembarangan” ucap Rahmatullah.

“Dan api dipastikan sudah padam total karena tadi malam hujan lebat. Lahan yang terbakar diareal dekat arah pantai kawasan: Kuala Mangkir – Kecamatan Singkil Utara. Kebakaran ada dibeberapa titik, tidak mencapai ratusan hektar, diperkirakan hanya 10 hektar” terangnya []
Grup Rilis Kaperwil Aceh|M.yantoroganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *