RajaBackLink.com

ORGANISASI PERS PESAWAT : ADAKAN EVEN PELATIHAN JURNALIS UNTUK WARTAWAN SE ACEH TIMUR

ORGANISASI PERS PESAWAT : ADAKAN EVEN PELATIHAN JURNALIS UNTUK WARTAWAN SE ACEH TIMUR

Dinastinews.com Aceh

Aceh Timur | Organisasi pers “Pesawat” Persatuan Wartawan Aceh Timur mengadakan pelatihan jurnalis bagi insan pers se Aceh timur di Hotel Royal Idi pada Senin (20/3/2023) Dengan mengusung tema _PERAN DAN PARTISIPASI MEDIA DALAM MENYUKSESKAN PEMILU TAHUN 2024_

Menurut ketua pelaksana event ini yang juga merupakan salah seorang tokoh pendiri lembaga persatuan Wartawan Aceh timur. ISMAIL ABDA pelatihan jurnalis yang kita selenggarakan tadi Alhamdulillah berjalan sukses dan lancar. Dalam pelatihan jurnalis kepada semua insan pers juga ketua organisasi kepemudaan serta Tokoh lembaga swadaya masyarakat. Alhamdulillah kali ini kita semua perwakilan organisasi pers yang ada di Aceh timur. Termasuk organisasi Terkait lainnya yang berkolaborasi dengan organisasi wartawan kabupaten Aceh Timur hadir semuanya.

Diantara yang hadir hari ini adalah. PWI – PWO – AJI – PWDPI – JJIAT – AWAI – IWO – PWRI – AWNI – IMA – FAKSI – AKA – LAKI – PII – GMPK – SEMMI dan ada juga perwakilan dari unsur Tokoh Pemuda Aceh Timur.

Menurut Tokoh pers yang juga ketua salah’ satu parnas di Aceh timur ini. Dalam acara pelatihan jurnalis hari ini hadir juga undangan khusus lainnya seperti : Dr. Firman Dandy. SE. MSI (Ketua KONI) Aceh Timur – Ketua kesbangpol – Anggota DPR RI – Perwakilan dari Muspida yaitu perwakilan dari Polres dan Kodim – serta perwakilan dari Panwaslih juga pemateri tunggal yaitu kanda MUSLIM A.GANI.

Materi Yang disampaikan atau yang dibahas tentang partisipasi serta peran media dalam menyukseskan Pemilu Tahun 2024 yang sudah didepan mata.

Tarmizi sebagai ketua DPC – PWDPI yang baru di Aceh Timur mengucapkan terima kasih atas undangan dari rekan² Pesawat.

“Pesawat memang Luar Biasa” Bisa mengadakan pelatihan jurnalis untuk semua insan pers di Aceh Timur. Juga dibarengi pemberian penghargaan kepada dua Tokoh Aceh dan satu Lembaga Perbankan Syariah yaitu BSI (Bank Syariah Indonesia).

Ismail Abda yang ditemani Ketua Pesawat mengatakan : Semoga Para wartawan dalam memberikan informasi tahapan Pemilu kepada masyarakat luas wajib menjaga netralitas serta data yang disajikan bisa dipertanggung jawabkan.

Kita selaku insan Pers harus mampu memerankan fungsi² pers secara maksimal ditengah dinamika masyarakat yang terus berubah dan mungkin terpecah menjelang perhelatan Pemilu.

Maka Fungsi pers betul² harus dioptimalkan antara lain sebagai media Informasi – Media Pendidikan – Media hiburan dan kontrol sosial ungkap Ismail Abda.

Diera milenial modern sekarang ini pertumbuhan Media sosial yang pesat, dunia pers harus mampu menunjukkan perannya yang seimbang, didunia pers ada kaidah dan etika yang harus diperhatikan dan dilaksanakan seperti Kode Etik Jurnalistik.

Hal ini berbeda dengan media sosial” kata Tarmizi perwakilan dari PWDPI yang juga mantan komisioner KIP dan Panwaslu Kabupaten Aceh Timur Ini.

Tarmizi menambahkan serta menjelaskan: Jika pers di Aceh Timur secara tegas mampu menunjukkan perannya dengan berpedoman pada kaidah jurnalitik maka dunia pers Aceh Timur tetap menjadi rujukan dan dibutuhkan publik.
Terutama sebagai referensi dalam mencari berita yang aktual.

Menurut Dosen senior di Aceh timur ini, menjelaskan bahwasanya ada 4 peran Pers yang harus dioptimalkan dan dikuatkan antara lain: Pers harus mampu menjadi media informasi – Darana pendidikan – Wahana hiburan dan sebagai kontrol sosial sebagai penyeimbang dalam setiap wacana dan opini masyarakat.

Pers sebagai media informasi dan pendidikan Serta hiburan harus mampu menyuguhkan pemberitaan disemua lini secara baik. Informasi ini sangat dibutuhkan masyarakat, apa lagi menjelang Pemilu. Juga termasuk menjadi bahan pertimbangan para pihak dalam mengambil keputusan” ujar pembina Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Ini.

Semoga dalam pelatihan jurnalis yang diselenggarakan oleh “PESAWAT” Aceh Timur Ini benar benar menjadi pilar dalam menyukseskan pemilu tahun 2024.

” Pesawat memang Luar biasa ” Sambung ketua prodi Hukum keluarga Islam pada Sekolah Tinggi Ilmu Syariah STIS ini []

Tarmizi | Adisganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *