RajaBackLink.com

INNALILLAHI WAINNA ILAIHI RAJI’UN : TOKOH PEMBERANI DITENGAH TSUNAMI ACEH – BERPULANG KE RAHMATULLAH

INNALILLAHI WAINNA ILAIHI RAJI’UN : TOKOH PEMBERANI DITENGAH TSUNAMI ACEH – BERPULANG KE RAHMATULLAH

 

 

Dinastinews.com Aceh | Idi Rayeuk – Aceh Timur | Inalillahi Wainna Ilaihi Raji’un telah berpulang ke Rahmatullah salah seorang _Tokoh 4 Pemberani ditengah Tsunami Aceh 26 Des 2024 yang melanda Aceh_

Sayed Faisal Alatas meninggal dikediamannya pada Pukul 21-30 WIB (Malam) Desa Gampong Jawa – Dusun Calok Geulima Idi Rayeuk – Aceh Timur.

Tepat hari ini, 26 Desember 2004 silam wilayah Aceh dilanda Tsunami. Kini 18 Tahun berlalu Propinsi diujung barat Indonesia itu telah banyak berbenah. Kendati begitu, peristiwa yang sudah merenggut ratusan Ribu korban jiwa tersebut masih tetap terkenang. Berikut kilas balik peristiwa Tsunami Aceh 2004.

Penyebab gempa karena terjadi patahan antara lempeng benua Eurasia dan lempeng benua Indo-Australia. Patahan dimulai dari perairan barat Aceh hingga Laut Andaman. Menurut The National Science Foundation, ini termasuk yang terpanjang dalam sejarah. Selain itu, pusat gempa juga dangkal hanya 10 Kilometer, sehingga efek yang ditimbulkan juga sangat besar.

Gelombang Tsunami dilaporkan menjalar dari pusat gempa hingga kepantai Aceh hanya dalam kurun 6 Menit meluluh lantakkan hingga Banda Aceh.

Literatur menyebutkan bahwa patahan gempa terdiri dari 6 segmen. Namun beberapa publikasi juga mengungkapkan bahwa patahan terjadi hingga 11 segmen. Diduga terjadi disepanjang: 1.155 Kilometer pertemuan lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia. Meruntuhkan 1.200 kilometer dasar laut, dalam kurun 8 menit.

Gempa pertama kali terjadi pada pukul 07.59 WIB. Gelombang Tsunami menerpa sejumlah pesisir negara Asia Tenggara seperti Indonesia – Malaysia – Thailand dan Myanmar serta dibeberapa negara Asia Selatan, termasuk: Sri Lanka – Maldives dan India. Bahkan gelombang Tsunami juga mencapai sejumlah negara dipantai timur Afrika seperti Somalia dan Seychelles. BMenyebabkan 303 orang meninggal di wilayah itu.

Setidaknya terdapat 16 Negara yang terkena dampak akibat gempa ini. Indonesia merupakan negara terdampak Tsunami terbesar, terutama di Aceh. Dampak tsunami 2004 terparah dilaporkan terjadi di Kota Banda Aceh – Aceh Besar – Aceh Barat – dan Aceh Jaya. Tsunami ini juga menerjang beberapa wilayah lain disebelah timur Aceh seperti Pidie – Bireuen dan Lhokseumawe.

Hendrika Saputra Ketua AWNI Aceh yang juga korban Tsunami Aceh mengatakan kemedia ini: “Iya benar beliau adalah salah seorang 4 tokoh pemberani ditengah Tsunami Aceh 26 Des 2004 yang pernah di Undang Metro TV.

Said Saipul Bahri (Ajad) keluarga yang ditinggalkan mengucapkan: Mohon Maaf apabila ada kesalahan dan khilaf adik saya (Sayed Faisal Alatas ) selama bergaul dengan berbagai Elemen masyarakat.   “Kami Keluarga besar mengucapkan maaf serta dukungan doa semoga beliau ditempatkan yang terbaik disisi Allah SWT Amin ya rabbal ‘Alamin []

Hendrika Ganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *