RajaBackLink.com

PETUGAS PROMKES EDUKASI GIZI BERIMBANG SDN 5 – WILAYAH KERJA PUSKESMAS IDI RAYEUK

PETUGAS PROMKES EDUKASI GIZI BERIMBANG SDN 5 – WILAYAH KERJA PUSKESMAS IDI RAYEUK

 

 

 

 

 

 

Dinastinews.com Aceh | Aceh Timur – Permasalahan Gizi seimbang banyak dialami oleh remaja. Bila permasalahan ini tidak segera diatasi maka akan berdampak negatif sampai mereka dewasa.  Apalagi masa pandemi Covid¹⁹ imunitas tubuh perlu ditingkatkan untuk mencegah terinfeksi virus dengan cara menkomsusi makanan yang bergizi seimbang.  Salah satu cara untuk meningkatkan _STATUS GIZI_ yaitu dengan meningkatkan pengetahuan, dengan cara penyuluhan GIZI SEIMBANG dan pembagian media belajar (Leaflet) dan brosur.

Menurut WHO pendidikan gizi bertujuan untuk mendorong terjadinya perubahan prilaku positif yang berhubungan dengan makanan dan gizi. Salah satu upaya peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada Remaja dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan Edukasi gizi seimbang pada remaja yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan gizi seimbang bagi Remaja diwilayah kerja Puskesmas Idi Rayeuk.

Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan pemberian teori dan Aplikasi materi gizi seimbang yang dilakukan pada bulan Februari (13/2/2023) dengan sasaran Kelas Tiga – sampai dengan Kelas Enam diseluruh wilayah kerja Puskesmas Idi Rayeuk – Kabupaten Aceh Timur.

Semua peserta penyuluhan sangat antusias mengikuti kegiatan Edukasi ini. Media ini menkofirmasikan salah satu penyuluh Promkes dilapangan “Mengatakan Diharapkan: Kegiatan edukasi gizi seimbang ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan Remaja serta dapat mengimplementasikan dalam kehidupan se-hari².

1) Adapun (10) pedoman gizi seimbang yang harus diterapkan dalam kehidupan se-hari² yaitu:

2) Biasakan mengonsumsi Aneka ragam makanan pokok – Batasi konsumsi makanan Manis – Asin dan berlemak.

3) Lakukan aktivitas gerakan Fisik – olah raga hingga berkeringat, yang cukup dan pertahankan berat badan ideal.

4) Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang protein tinggi.

5) Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

6) Biasakan sarapan pagi.

7) Biasakan minum air putih yang

Cukup dan aman.

8) Banyak makan buah dan sayur.

9) Biasakan membaca label pada kemasan pangan.

10) Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan. pungkasnya” []

Bung Nazar – Ganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *