RajaBackLink.com

KAPOLRES SAKSIKAN PERESMIAN KANTOR BUMDesma ACEH JAYA

KAPOLRES SAKSIKAN PERESMIAN KANTOR BUMDesma ACEH JAYA

 

 

 

 

Dinastinews.com Aceh | Calang – Kapolres Aceh Jaya AKBP Wiyono menyaksikan peresmian Kantor Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) Aceh Jaya Kerja Bersama oleh Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos. MSI yang berlokasi dijalan Lama Calang – Meulaboh – Gampong Dayah Baro. Selasa (7/2/2023). Kegiatan tersebut turut dihadiri: Wakil Ketua I DPRK Aceh Jaya – Wakil Ketua II DPRK Aceh Jaya – Kapolres Aceh Jaya – Unsur Forkopimda – Asisten Perekomonian dan Pembangunan Setda Aceh Jaya – Para SKPK terkait – Para Camat – Pengurus BUMDESMA Aceh Jaya Kerja Bersama – Para Keuchik serta unsur terkait lainnya.

Dalam laporannya Direktur BUMDESMA Aceh Jaya Kerja Bersama – Zulfahmi. SH mengatakan bahwa: Pihaknya terus berkoordinasi dengan seluruh Keuchik dalam Kabupaten Aceh Jaya untuk bisa mewujudkan cita² yang diharapkan masyarakat pada umumnya. “Hari ini berkat dorongan dan ide² cemerlang dari Pj. Bupati Aceh Jaya, sudah mulai ada pembahasan tentang pembentukan BUMDESMA dibeberapa Kecamatan misalnya Kecamatan Teunom – Krueng Sabee – Kec. Jaya dan Kecamatan lainnya yang artinya seluruh BUMDESMA² yang ada akan terus berkoordinasi dengan kita dan akan terus menjalankan fungsinya sebagai BUMDESMA di Kecamatan yang nantinya akan menjadi bagian kerja dari BUMDESMA Bersama yang ada di Kabupaten. Tentunya ini tidak terlepas dari kerjasama rekan² seluruhnya bahwa potensi² yang ada di Kabupaten Aceh Jaya ini harus kita eksplor, dengan harapan untuk menjadi peningkatan _EKONOMI MASYARAKAT_ Aceh Jaya yang lebih baik lagi” Ucap Zulfahmi. SH.

Aceh Jaya memiliki 172 Gampong (Desa) dari 9 Kecamatan, dari para Pemerintah gampong telah merintis lewat Musyawarah Gampong 1 yang menghasilkan kesepakatan untuk membentuk BUMDESMA dan menyertakan modal awal (SAHAM) yang mencapai 21 Milyar rupiah. Badan usaha Milik Desa Bersama disiapkan untuk menjalankan peran sebagai INVESTOR UTAMA untuk menggerakkan sektor ekonomi rakyat Kabupaten Aceh Jaya. Untuk mempercepat capaian² kegiatan usaha. Hal² yang tadinya memakan waktu lama jika dilakukan oleh Gampong masing² atau oleh sektor swasta sendiri secara terpisah, sekarang dapat dipercepat prosesnya melalui jalan KOLABORASI MODAL SWASTA dan DANA PUBLIK setelah ada BUMDESMA Aceh Jaya Kerja Bersama. Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin. S.Sos. MSI pada masa awal menjabat dirinya mengatakan bahwa: Dengan potensi yang tinggi di Kabupaten Aceh Jaya baik itu sumber daya alam – maupun sumber daya manusia (SDM), harus mulai membuat tata kelola, ekosistem usaha yang saling keterkaitan. Jika terus menunggu investor yang masuk akan memakan banyak waktu dan biaya untuk pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Aceh Jaya.

Oleh karena itu dirinya menyepakati untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) sebagai salah satu investor di Aceh Jaya tanpa harus menunggu atau mengundang investor luar untuk datang karena sudah menyiapkan investor lokal dari Aceh Jaya sendiri.     “Alhamdulillah sekarang sudah kita mulai rintis jalan dengan adanys investor Aceh Jaya dengan memulai pabrik kelapa sawit,  bisa dibayangkan sebelumnya tanpa ekosistem tadi, habis dana kita puluhan bahkan ratusan Milyar hanya untuk modal investor. Padahal kita mampu membuat diri kita sendiri menjadi investor. Makanya semua pendekatan dilakukan dengan pendekatan BISNIS, seperti mencari kantor sendiri tanpa ada intervensi dari Bupati. Silahkan dicek, tidak ada permintaan bupati khusus pada Badan Usaha Milik Gampong yang memberatkan, jika ada silahkan lapor kesaya” Ungkap Dr. Nurdin.

Lanjutnya semua Badan Usaha Milik Gampong murni didorong agar bisa bergerak sebagai LEMBAGA BISNIS atau suatu PERUSAHAAN yang ada di Aceh Jaya, kemudian dibawah usaha gampong tersebut harus memiliki anak usaha agar pada saat yang bersamaan setiap kegiatan bisa bergerak secara cepat dan paralel.    “Karena prinsip kita adalah DESENTRALISASI USAHA, masing² ANAK PERUSAHAAN bergerak sendiri².    Kami minta ada 11 ANAK PERUSAHAAN yang harus dibuat kemudian masing² anak perusahaan ini mewakili masing² Kecamatan di Aceh Jaya. Cari orang² terbaik yang ada di Kecamatan² Aceh Jaya dan dilibatkan dalam program² Perusahaan.    Kalau satu anak perusahaan bisa menyerap 10 orang tenaga kerja maka sudah ada 110 orang yang terserap didalam bisnis ini. Jadi kita harus mulai berpikir sebagaimana cara berpikirnya para Pengusaha, tidak ada pengusaha yang langsung punya uang banyak diawal. Negara sudah menyiapkan skema² pembiayaan supaya bisa membantu bergulirnya program peningkatan ekonomi yang ada” Lanjut orang nomor satu di Aceh Jaya tersebut.

Pj Bupati Aceh Jaya juga berharap: Masyarakat terus terdorong untuk berproduksi dengan program² yang sudah ada dan mendorong Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) sebagai pelaku bisnis sembari menunggu investor² lain mengikuti dibelakangnya.    Menurutnya jika daerah lain melakukan percepatan ekonomi DENGAN MEMUDAHKAN PERIZINAN, maka Aceh Jaya lebih dari itu dengan menyiapkan langsung BADAN USAHANYA sehingga jika ada investor yang datang tinggal melakukan penambahan saja []

Roni Ganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *