RajaBackLink.com

LSM LIRA ANGKAT KOMPLAIN KASUS : DUGAAN KORUPSI 11 SEBELAS MILYAR DANA HIBAH PEMBANGUNAN MASJID AL MUKMIN – ACEH TENGGARA

LSM LIRA ANGKAT KOMPLAIN KASUS : DUGAAN KORUPSI 11 SEBELAS MILYAR DANA HIBAH PEMBANGUNAN MASJID AL MUKMIN – ACEH TENGGARA

 

 

 

 

 

 

 

 

Dinastinews.com Aceh | Aceh Tenggara | LSM LIRA : Kami Minta Polda Aceh Untuk Lidik Sebanyak Rp. 11 Milyar dana hibah diperuntukan untuk pembangunan MASJID AL MUKMIN – Desa Terutung Payung – Kecamatan Bambel – Aceh Tenggara terindikasi korupsi. Kepolisian Daerah (Polda) Aceh diminta untuk melidiknya.

” Kami LSM LlRA Kabupaten Aceh Tenggara meminta pihak Polda Aceh untuk turun gunung melakukan penyelidikan” Sebut (Bupati Lumbung Informasi Rakyat – LIRA) Aceh Tenggara Saleh Selian kepada Media. Sabtu (4/2/2023).

Saleh Selian menjelaskan: Kendati untuk pembangunan MASJID ini telah menghabiskan Rp. 11 Milyar Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Tenggara terhitung sejak Tahun 2019 – 2022 namun hingga kini MASJID tersebut belum selesai.

DANA HIBAH yang dikucurkan itu terhitung sejak 2019, dimana saat itu Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara melakukan pembayaran Rp. 1,5 Milyar.

Begitu juga pada tahun 2020 PEMDA ini kembali memberi bantuan HIBAH dengan pagu APBD dengan Nomor: 0412/SP2D/BTL/BH/LS/2020 Tanggal 21 April 2020 a/n. Panpem MASJID AL MUKMIN sebesar Rp. 2 Milyar.

“KASUS HIBAH ini sangat aneh dan diketahui pembangunan MASJID tersebut lokasinya persis dikampung mantan Bupati periode 2017 – 2023 bapak Drs. RAIDIN PINIM. MAP seyogyanya beliau saat itu BUPATI ACEH TENGGARA – Nah kenapa MASJID tersebut bisa terbengkalai hal ini sangat aneh” sebut Saleh Selian lagi.

Tidak sampai disitu, pembayaran Belanja Bantuan HIBAH kepada MASJID AL MUKMIN Desa Terutung Payung – Kecamatan Bambel kembali dikucurkan dalam APBD Aceh Tenggara dengan Nomor : SP2D : 1311/SP2D/BTL/BH/LS/2020 Tanggal 06 Oktober 2020. Adapun besar hibah tahun itu mencapai Rp. 3 Milyar.

Lalu pada 6 Juli 2021 Panitia Pembangunan MASJID AL MUKMIN kembali mendapat DANA HIBAH sebesar Rp. 2 Milyar, hal ini sesuai SP2D Nomor: 0938/SP2D/BTL/BH/LS/2021 Tanggal 06 Juli 2021.

HIBAH untuk pembangunan MASJID kembali berlanjut digelontorkan pada Tahun 2022 oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara. Bahkan dalam satu tahun itu Pemerintah melakukan DUA KALI PEMBAYARAN untuk Panitia Pembangunan MASJID.

Pembayaran ini berdasarkan Nomor : 0544/SP2D/BTL/BH/LS/2022 Tanggal 28 April 2022. Adapun besaran HIBAH Sebesar Rp. 1 Milyar.

Pada tahun yang sama atau pada 28 September 2022 Pemerintah kembali mengucurkan DANA SEGAR untuk pembangunan MASJID dimans jumlah DANA di Transfer mencapai Rp. 1,5 Milyar. BELANJA HIBAH ini diketahui berdasarkan Nomor : 1223/SP2D/BTL/BH/LS/2022.

” Pembangunan MASJID ini berasal dari UANG RAKYAT tentu pertanggung jawaban penggunannya harus sesuai dengan kebutuhan peruntukan bukan malah mencari keuntungan pribadi atau kelompok dari pembangunan RUMAH ALLAH INI” kata Saleh Selian.

Selain disebutkan diatas peruntukan DANA HIBAH seperti dipraktekkan Pemkab Aceh Tenggara yang lalu juga diduga bertentangan dengan peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Perubahan Keempat atas Permendagri Nomor 32 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pemberian HIBAH dan Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD.

” Kami minta dan mohon kepada bapak Kapolda Aceh untuk memprioritaskan mengusut kasus ini, karena menurut amatan kami ada indikasi KORUPSI BERJAMA’AH dalam kasus DANA HIBAH pembangunan MASJID AL MUKMIN – Desa Terutung Payung” pungkas Saleh Selian []

(Red) Mr. Padang – Ganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *