RajaBackLink.com

PERLENGKAPAN WAJIB BAWAAN HARI-HARI SEORANG WARTAWAN – JURNALIS

PERLENGKAPAN WAJIB BAWAAN HARI-HARI SEORANG WARTAWAN – JURNALIS

 

 

 

Dinastinews.com Aceh | Mandalika Lombok Tengah – NTB – Seorang Jurnalis itu berat, tak semua orang kuat dari panas – Dari hujan dan angin malam – yang bisa kapan saja menerjang. Juga harus kuat dimarahi atasan kalau-kalau gagal dapat berita. Belum lagi harus membawa tas yang cukup berat karena diisi perlengkapan liputan.

Lalu apa saja perlengkapan yang harus dibawa jurnalis saat hari-hari dilapangan: Bung Bambang salah satu penggiat Media menyampaikan pada media ini saat berbincang santai sembari menikmati minum kopi, dikawasan Kuta Mandalika – Lombok Tengah – NTB. Selasa (31/1/2023).

(1) “Kartu ID Card, jangan mengaku jurnalis jika tak bisa menunjukkan kartu identitas pers anda. Karenanya, untuk mempermudah liputan dilapangan dan agar tidak dibilang jurnalis abal-abal, pastikan benda ini selalu terbawa saat liputan. Kalau perlu selalu gantung dileher agar tidak terlupa tertinggal dirumah” Jelas Bung Bambang.

(2) Buku Catatan Salah satu benda yang selalu ada dalam tas wartawan. Sederhana, tapi benda ini sangat berguna untuk mencatat info-info penting yang disampaikan Narasumber, tambahnya

(3) Perekam Suara – mencatat terkadang kurang lengkap – karena bisa saja ada informasi yang terlewatkan. Inilah pentingnya membawa perekan suara. Jika ada informasi yang tak sempat tercatat, wartawan tinggal mendengarkan hasil rekaman, jelas Bung Bambang.

(4) “Kamera, adalah benda wajib untuk seorang jurnalis, namun sebagai jurnalis alat ini juga penting. Gunanya untuk memotret momen-momen yang tengah diliput.

(5) Smartphone, perekam suara maupun buku catatan, solusinya bawa smartphone yang mendukung ketiga hal tadi. Syaratnya, bawalah gadget yang didukung kamera berkualitas baik dan jernih” tambahnya.(

6) “Internet: Dizaman yang sudah serba canggih seperti sekarang, apalah arti HP mahal dan bagus jika tak ditunjang jaringan Internet. Terlebih bagi jurnalis bekerja dimedia online.

(7) Headset, sebenarnya bukan benda wajib. Namun, barang yang satu ini juga cukup penting untuk kegiatan jurnalistik. Dengan menggunakan Headset, seorang jurnalistik dapat mendengarkan hasil rekaman dengan lebih jelas dan jernih” tutupnya []

 

(Red) Roni Ganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *