RajaBackLink.com

Jajaran Polsek Tabir Ulu Laksanakan Upaya Pemadaman Kebakaran Lahan bersama Warga Masyarakat.

Jajaran Polsek Tabir Ulu Laksanakan Upaya Pemadaman Kebakaran Lahan bersama Warga Masyarakat.

 

Dinastinews.com,Merangin Jambi, Rabu, 25 Januari 2023. AKBP. Dewa Ngakan Nyoman Arinata. S.I.K.,MH Kapolres Merangin melalui Iptu. Ramadhan Agustiansyah. SH.Kapolsek Tabir Ulu,pada awak media ini menyampaikan bahwa Talah di laksanakan upaya manual pemadaman api di lahan perkebunan warga masyarakat.

 

Seperti pada hari Senin (23/01/ 2023) sekira pukul 11.00 wib, Personil Polsek Tabir Ulu dan beberapa masyarakat melaksanakan kegiatan ” Groundchek Hot Spot ” di Desa Muara Kibul Kecamatan Tabir Barat.

 

Orientasi tugas ini berupa mengkondisikan lahan terbakar dan di padamkan agar tak menimbulkan insident Api yang dapat merusak ekosistim alam berupa ” terbakarnya satwa kecil dimana sebagai penyerbukan alami dan menghindarkan terjadi nya Kebakaran hutan warga secara meluas “.

 

pada kesempatan ini,Kapolsek tabir ulu Iptu. Ramadhan Ahustiansyah. SH.,pada saat itu ditemukan lahan dengan luas sekira 1 hektar dalam kondisi sudah terbakar, selanjutnya dengan peralatan seadanya personil Polsek yang dibantu masyarakat melakukan pemadaman dan pendinginan terhadadap lahan yang terbakar.

 

Kapolres Merangin AKBP Dewa N Nyoman Arinata, S.I.K., M .H melalui Kapolsek Tabir Ulu IPTU Ramadhan,S.H saat dikonfirmasi pada awak media menerangkan bahwa sebelumnya Polres Merangin mendapat laporan data dari Satelit NOAA20 ditemukan titik hotspot Lattitude : -1.9842 Longitude : 101.982 diwilayahnya selanjutnya Kapolres memerintahkan Personil Polsek untuk melakukan Groundchek dan Tindakan pencegahan kebakaran.

 

“Kami tidak bisa berdiam diri saja dengan segenap kemampuan, ucap Agus ” panggilan akrab sang Kapolsek ” kami berupaya untuk mencegah dengan memberikan himbauan kepada masyarakat maupun langsung turun kelapangan dengan peralatan seadanya untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan sekecil apa pun agar jangan sampai meluas dan bertambah parah,” dan

Hal tersebut tentunya akan berdampak pada polusi udara akibat dari asap pembakaran hutan dan lahan, dan apabila hal tersebut tidak ada pengawasan yang ketat dari pihak terkait maka titik kebakaran pun menyebar hingga api pun sulit dipadamkan

Ujar Kapolsek.

 

Bersama kita ketahui,

Wilayah hukum Polres Merangin merupakan salah satu wilayah yang sangat luas dan letak geografisnya terdiri dari perbukitan dan pegunungan. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi petugas kepolisian dalam mengamankan wilayahnya masing-masing baik dari tindak pidana maupun bencana.

 

Pada saat terjadi kemarau masyarakat pedesaan pada umum nya dan yang berdomisili dipinggiran perkotaan biasanya akan secara bersama-sama membuka lahan perkebunannya dengan cara membakar. Hal ini dilakukan terjadi akibat ” sosialisasi dari pihak terkait langsung ” dirasa harus di laksanakan lebih intens lagi di tengah masyarakat.

 

Sesuai pasal 2 tahun 2002 tentang kepolisian,pasal tersebut telah mencakup semua aktivitas mengenai Kepolisian yang harus di laksanakan berasama.

 

Sikapi hal tersebut,

Didalam keterbatasan sarana maupun prasarana yang ada yang di alami, hal tersebut bukan menjadi hambatan dan penghalang bagi Polres Merangin – Jambi, untuk melakukan pencegahan agar kebakaran tidak semakin melebar.

 

Sinergi Polisi bersama masyarakat melaksanakan bergotong-royong terhadap pemadaman api saat terjadi kebakaran lahan adalah kunci utama keberhasilan sinegi warga pada masyarakat.

 

Kutipan Humas Polres Merangin

Hambali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *