RajaBackLink.com

GAMPONG MEURANDEH DAYAH: LAYAK JADI DESA PERCONTOHAN PROGRAM KETAHANAN PANGAN NASIONAL

GAMPONG MEURANDEH DAYAH: LAYAK JADI DESA PERCONTOHAN PROGRAM KETAHANAN PANGAN NASIONAL

Dinastinews.com Aceh | Langsa : Gampong Merandeh Dayah – Kecamatan Langsa Lama – Pemerintah Kota (Pemko) Langsa dibawah pimpinan Geuchik (Kades) Khairul Nizam layak menjadi contoh sebagai desa yang menjalankan program nasional ketahanan pangan. Sebagaimana yang termaktub dan dianjurkan oleh Pemerintah Pusat dan Kementerian Desa.

Dari penulusuran yang dilakukan media ini. Ahad(1 Januari 2023) mendapati program ketahanan pangan sudah dilakukan secara baik dan benar oleh perangkat dan geuchik yang ada di Gampong tersebut yang berlokasi di Dusun Dayah.
Program ketahanan pangan di Gampong Meurandeh Dayah sebagaimana terpantau berada dilahan seluas 4000 meter atau dalam hitungan seluas 5 Rante.

Sementara pada program nasional ketahanan pangan yang dilakukan di Gampong itu, sesuai hasil musyawarah dan rapat bersama unsur perangkat desa. Untuk program antisipasi menghadapi krisis pangan didesa tersebut, mereka melakukan penanaman Cabe merah keriting (CMK), selain itu juga pengadaan jenis hewani berupa 6 (enam) ekor sapi yang dikelola oleh kelompok yang sudah bersertifikat dari kementerian Pertanian.

Geuchik (Kades) Gampong Meurandeh Dayah – Khairul Nizam yang dijumpai dikantor ketahanan pangan desa setempat dalam konfirmasinya menjelaskan : “Alhamdulillah .. Untuk program nasional ketahanan pangan di Gampong Meurandeh Dayah sudah terlaksana dengan baik yaitu : Sesuai harapan pemerintah dan juga kami pihak desa. Ujar Khairul Nizam Geuchik Gampong tersebut.

Lebih lanjut Khairul Nizam menjelaskan: “Untuk pengelolaan jalannya program ketahanan pangan di Gampong (Desa) ini pekerjaannya dilakukan dan diawasi oleh perangkat desa dengan tujuan agar apa yang menjadi target dalam program ketahanan pangan ini bisa berjalan maksimal dan berkelanjutan kedepannya. Ujar Geuchik.

Dikatakan Khairul Nizam “Giat program ketahanan pangan di Gampong ini, merupakan binaan Polsek Langsa Timur. Kami sangat bersyukur atas arahan dan bimbingan yang diberikan Polsek Langsa Timur program nasional ketahanan pangan Gampong Meurandeh Dayah berhasil terwujud. Tuturnya.

Ditempat yang sama Rizal Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan Gampong Meurandeh Dayah yang ditunjuk dan dipercaya dalam mengelola program ketahanan pangan Gampong tersebut memaparkan.

“Untuk tanaman Cabe merah keriting (CMK) dalam program ketahanan pangan Gampong Meurandeh Dayah ini, pihak kami memakai pupuk organik dengan nama Zahara (zat aktif unsur hara).

“Alhamdulillah, sambung Rizal : Tanaman Cabe yang kami tanam dengan jumlah sebanyak 3.500 batang tersebut tumbuh subur serta berbuah lebat siap untuk dipanen dalam beberapa waktu kedepan, pungkas Rizal sambil menunjukkan pohon Cabe yang sarat dengan buah yang mulai memerah []

(B.01 – Ganesha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *