RajaBackLink.com

BABINSA : LAKUKAN PEMUPAN PADI BERSAMA WARGA DESA BINAANNYA

BABINSA : LAKUKAN PEMUPAN PADI BERSAMA WARGA DESA BINAANNYA

Dinastinews.com Aceh | Aceh Timur | Serka Ruswandi Babinsa Koramil 03/Rts – Kodim 0104/Aceh Timur terjun bersama warga binaannya dalam pemupukan padi milik Sulaiman (37) warga Desa Bayeun – Kec. Rantau Selamat – Aceh Timur. Ahad(01/01/2023).

Kegiatan pendampingan pertanian membantu dalam aktifitas warga diwilayah binaan saat masuk musim tanam padi adalah suatu wujud aplikasi dari jiwa seorang prajurit TNI-AD disatuan teritorial. Hal yang merupakan aplikasinya dari Santi Aji pada 8 (Delapan) Wajib TNI dalam mengatasi dan mendukung usaha-usaha masyarakat disekelilingnya.

Kegiatan pemupukan lahan sawah seluas 10 rante tersebut berawal dari anjangsananya kerumah Sulaiman yang sudah berjanji untuk mengajarinya cara bagaimana menabur pupuk jenis Urea agar tidak menumpuk dan dapat menghemat jumlah pemakaian pupuknya.

Namun tidak mengurangi khasiat dan kegunaan bagi padi yang sudah berumur satu bulan. Belajar langsung praktek yang disalurkan Sulaiman itu juga sejak kecil sudah dilakukannya, pasalnya teori langsung praktek itu lebih mudah diingat dan permanen dalam menanamkan ilmunya, jelas Serka Ruswandi kepada awak media lewat gruop medsosnya.

Waktu kegiatan yang sudah diatur sebaiknya dilaksanakan dibawah jam 09.00 WIB adalah pemanfaatan embun pagi yang masih ada didedaunan padi. Hal inilah yang harus selalu diperhatikan oleh penabur pupuk. Sedangkan ketika pukul 09.00 WIB yang biasanya embun akan secara otomatis menguap melalui panasnya sinar matahari.

Tentunya tidak dapat kita manfaatkan atas kandungan embun yang turut larut didalam air disekitar tanaman padi, imbuh Babinsa Ruswandi.

Maka setelah Sholat Shubuh terus sarapan secukupnya dan segelas teh manis di Makoramil 03/Rts. Ia langsung bergegas menuju rumah Sulaiman agar sesuai waktu yang telah disepakati untuk datang jangan lewat dari pukul 07.00 WIB karena yang biasanya kegiatan itu diawali Sulaiman saat _Terang-Terang Tanah_ Berkisar pukul 06.15 WIB, yang Alhamdulillah Babinsa Ruswandi sampai dirumahnya pukul 07.00 WIB tuturnya.

Dengan harapan Serka Ruswandi pembelajaran hari ini meskipun praktek dengan pemupukan seluas satu rante saja ia lakukan dengan semangat. Pelajaran yang mesti diingatnya terus, dan menjadi bermanfaat untuk dilaksanakan nanti saat keinginannya pada musim tanam depan turun kesawah, dan buat warga binaanya Sulaiman mendapat pahala sebagai ilmu yang bermanfaat sebagai amal ibadahnya hingga akhir hayatnya. Amin Amin Amin Yarobbal Alamin. pungkasnya []

Said YR – T. Ridwan – Ganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *