RajaBackLink.com

INI CERITA WARGA SETIA TERKESIMA : BABINSA KUASAI ILMU PERTANIAN

INI CERITA WARGA SETIA TERKESIMA :  BABINSA KUASAI ILMU PERTANIAN

Dinastinews.com Aceh | Abdya | Heri (37) salah seoarang petani asal : Desa Cinta Makmur – Kecamatan Setia – Aceh Barat Daya (Abdya) – Terkesima pada sosok Babinsa Koptu Darwanto karena menguasai penuh ilmu pertanian.

Heri tidak menyangka aparat Babinsa dari Pos Ramil 08/Setia – Kodim 0110/Abdya – Itu sangat faham tentang urutan teknik cara bertanam cabai.

” Luar biasa – Awalnya saya mengira dalam pendampingan pertanian ini – Babinsa hanya bisa berdiri mendampingi dan berbicara saja. Rupanya menguasai betul ilmu pertanian” ungkap Heri kepada pewarta dilokasi, Rabu (21/12/2022).

Heri menuturkan : Berkat arahan dari Babinsa dirinya kini mengerti bagaimana cara pengelolaan budidaya cabai yang baik dan benar agar tumbuh subur serta berbuah berlimpah.

Babinsa memberi kiat untuk mendapatkan hasil cabai yang maksimal itu : Dimulai dengan pemilihan bibit unggul – pengelolaan media tanah – dan perawatan dan serta pemupukan.

” Pak Babinsa juga memberi tahu : Bila musim hujan – minimal 2 hari sekali tanaman cabai ini harus disemprot. Katanya penting untuk mencegah kriting daun” jelas Heri.

Usai disemprot Heri melanjutkan : tanaman cabai kemudian diberi pengecoran pupuk dengan intensitas waktu – minimal 4 hari sekali. Upaya tersebut harus rutin dilakukan agar hasil panen cabai bisa maksimal.

” Saya ucapkan terima kasih untuk pak Babinsa – Telah mau berbagi ilmu pertanian kepada saya. Sekali lagi, Super untuk Babinsa” Demikian kata petani []

Roni Ganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *