RajaBackLink.com

INDIKATOR KEBERHASILAN PEMILU : DIUKUR DARI PARTISIPASI ATAU PERAN SERTA MASYARAKAT SECARA AKTIF

INDIKATOR KEBERHASILAN PEMILU :  DIUKUR DARI PARTISIPASI ATAU PERAN SERTA MASYARAKAT SECARA AKTIF

Dinastinews.com Aceh | Untuk mencapai cita-cita Pemilu yang semakin baik serta berkualitas.
Maka pemilu yang berkualitas itu menjadi tanggung jawab segenap komponen anak bangsa dan tanggung jawab kita bersama untuk memperjuangkan dan mengujudkannya.

Sinergisitas penyelenggara Pemilu dengan peran serta partisipasi masyarakat secara langsung mesti selalu tetap terjaga dan terpelihara.

Diantaranya KPU (KIP nama lain penyelengara pemilu di Aceh), bahwa lembaga (KPU atau KIP) ini bukanlah satu lembaga tunggal _super body_ yang hanya berdiri sendiri yang berbuat sesuka hatinya dalam bersikap dan bertindak untuk menjalankan Tupoksinya.

Maka oleh karna itu kehadiran BAWASLU dan peran serta Partisipasi Masyarakat secara langsung sangatlah dibutuhkan dalam melakukan peran Sosial Kontrolnya untuk mengujudkan Pemilu yang akan melahirkan Pemimpin yang Jujur serta Adil.

Untuk itu BAWASLU diberikan wewenang menjalankan fungsi sosial kontrolnya berdasarkan : UU no 10 tahun 2016 (pasal 30 huruf a angka 1 bahwa, Bawaslu Kabupaten/Kota memiliki kewenangan yang sama mengawasi perekrutan PPK – PPS – dan KPPS).

Demikian juga dengan keterlibatan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam penyelenggaraan Pemilu sebagai wujud nyata pelaksanaan Hak Kedaulatan Warga Negara dalam sebuah Negara Demokrasi Indonesia.

Bila kita bicara dalam kontek Aceh Selatan saya Mengapresiasi kerja BAWASLU Kabupaten Aceh Selatan yang secara berkala melibatkan peran serta masyarakat untuk selalu membangun Sinergisitas – komunikasi – serta sosialisasi tentang Pemilu diruang lingkup wilayah Tupoksinya di Kabupaten Aceh Selatan.

Selalu saja didalam pertemuan itu kita diberikan ruang dan waktu untuk berdiskusi mecermati setiap informasi yang berkembang baik secara nasional maupun lokal yang tujuannya tidak lain : Untuk mencari format atau metoda apa yang mesti kita lakukan bersama dalam mencapai pemilu yang semakin baik serta berkualitas di kabupaten Aceh Selatan.

Semua itu kita sadari dan pahami bersama bahwa : Partisipasi langsung peran serta Masyarakat itu sangatlah dibutuhkan karna Negara Republik Indonesia ini di Bentuk atas kepentingan orang banyak bukan kepentingan Lembaga atau kepentingan perseorangan warga negara semata saja []

T. Sukandi – Mr. Padang – Ganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *