RajaBackLink.com

INSTITUT SARINAH : KOPERASI HARUS DIAJARKAN DAN DIPRAKTEKKAN DI SEKOLAH² DAN PERGURUAN TINGGI

INSTITUT SARINAH :  KOPERASI HARUS DIAJARKAN DAN DIPRAKTEKKAN DI SEKOLAH² DAN PERGURUAN TINGGI

Dinastinews.com Aceh |  
Jakarta | International Cooperative Alliance (ICA) bersama Universitas Koperasi Indonesia (IKOPIN University) menyelenggarakan Konferensi Riset Asia – Pasifik ICA Ke. 16 pada tanggal : 15 -17 Desember 2022 bertempat dikampus IKOPIN University dan Hotel Savoy Bandung.

Tematik pada Konferensi ini adalah “ Rebuilding A Resilient Global Society Through Cooperative Identity”.

Konferensi ini diselenggarakan untuk : Mempertemukan akademisi dan peneliti koperasi dikawasan Asia – Pasifik dalam format hybrid. Beberapa delegasi yang hadir secara fisik adalah Malaysia – India – Nepal – Kuba – Turkiye – Vietnam – Australia – Cambodia – Japan – Kenya – Bangladesh – Korea Selatan – Dan Austria.

Selebihnya : 55 peserta dari berbagai negara lain dikawasan ini mengikuti secara On Line.

Saat pembukaan – Direktur Regional ICA untuk Asia-Pasific : BELU IYER mengharapkan para ilmuan dan peneliti dapat mengembangkan strategi jitu untuk menarik para pemuda untuk menggeluti koperasi.

Menteri Koperasi dan UMKM – RI Teten Masduki memberikan sambutan senada dengan data pendukung adanya minat yang meningkat dari para pemuda di Indonesia untuk berkoperasi.

Sementara itu – Rektor IKOPIN University – Dr. H. Burhanuddin Abdullah. MA menyampaikan harapan : Agar di Indonesia juga tumbuh komunitas peneliti dan ilmuan yang fokus pada koperasi.

Wakil Ketua ICA G20 Indonesia – Eva Sundari – yang juga Direktur Institut Sarinah menekankan perlunya penggerak dan peneliti meningkatkan advokasi mereka ketingkat kebijakan.

“Koperasi satu-satunya lembaga usaha yang bisa mewujudkan 10 dari 12 target SDGs, tetapi belum bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakan perekonomian nasional maupun global. Saatnya mengarus utamakan perspektif koperasi kedalam pembuatan kebijakan ekonomi nasional maupun global” kata Eva Sundari dalam sambutannya.

Langkah terpenting untuk mengembangkan koperasi di Indonesia adalah dengan mengintegrasikannya kedalam kurikulum : Sekolah mulai TK – hingga PT.

“Identitas Koperasi harus dikenalkan dan diinternalisasikan dengan simulasi dan praktek-praktek. Tanpa koperasi, Keadilan Sosial tidak bisa diwujudkan” Kata Eva Sundari lebih lanjut.

Sebagaimana di Indonesia – Gerakan koperasi diseluruh dunia menunjukkan keuletan dan ketahanannya dalam menghadapi krisis selama pandemi. Hal ini karena identitas koperasi sendiri menjamin aspek keberlanjutan dalam usaha.

“Konperensi ini merupakan kesempatan bagi gerakan koperasi untuk merenungkan peran dalam berbagai situasi krisi. Dan tentu saja dalam membangun kembali masyarakat global yang tangguh” tegas Sekretaris ICA-AP – MOHIT DAVE.
 
Semua peserta menginap di Hotel Savoy Homan yang bersejarah. “Kami mengharap, api Konperensi Asia – Afrika bisa diteruskan oleh gerakan koperasi berupa : Pembebasan rakyat kecil dari Kemiskinan – Ketertinggalan – Maupun keterasingan dari usaha-usaha mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan” kata Heira Hardiyanti – peneliti Universitas Koperasi yang juga penanggung jawab acara untuk konperensi tersebut.

———————————–
Bandung, 16/12/22
Endang Yuliastuti (+62 812-8060-9995)
Humas Institut Sarinah []

Roni Ganesha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *