RajaBackLink.com

SD Inpres Mnelaanen Laksanakan ANBK Utama

SD Inpres Mnelaanen Laksanakan ANBK Utama

DinastiNews.Com | Amanuban Timur | TTS – NTT – SD Inpres Mnelaanen melaksanakan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Utama gelombang ke-Tiga dengan sukses. Kegiatan dilaksanakan pada Senin – Selasa (31/10 – 01/11/2022).,

Kepala Sekolah, Martha Y.L Bien, S.Pd. menyampaikan bahwa pelaksaan ujian utama ANBK dilaksanakan selama 2 hari, dan diikuti oleh seluruh siswa kelas 5 yang berjumlah 35 siswa (30 siswa utama dan 5 siswa cadangan). Prosesnya berjalan dengna lancar dan penuh hikmad.

“Pelaksanaan ANBK tahun 2022 ini dilakukan serentak di Sekolah Dasar (SD) seluruh Indonesia. Tujuannya untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dan mengukur kompetensi literasi serta numerasi siswa,” tuturnya.

Guru Kelas 5A sekaligus Teknisi ANBK, Orance M. Benu, S.Pd. bersyukur atas lancarnya pelaksanaan.

“Puji Tuhan pelaksanaan ANBK dalam 2 hari ini suskes dilaksanakan walaupun ada kendala di Login (Username, Password dan Token) dan Jaringan internet, dan peserta dapat mengenal soal literasi dan numerasi.

Tidak hanya peserta yang kenal ANBK tetapi juga proktor bisa belajar menyinkronkannya,” ungkap Teknisi yang biasa disapa Ibu Rance.

Masih banyak kendala di lapangan. Salah input token sehingga gagal login, juga Jaringan internet. Kendala itu membuat waktu pengerjaan mundur beberapa menit.

Kepada media ini (DinastiNews.Com) Proktor Febri H. Maneys membeberkan
’’Ini tadi beberapa siswa ada yang salah input Username, Password serta token, dan token harus refresh setiap 10 menit sekali,’’ kata Febri (Proktor).

ANBK dimulai pukul 7.30. Login pertama menggunakan chromebook, banyak siswa yang gagal. Sebab salah input token. Sehingga siswa harus menunggu kurang lebih 10 menit untuk bisa login kembali.

Kesalahan juga terjadi saat input Username dan Password. Hal itu menyebabkan siswa gagal login ke sistem ANBK.

’’Untuk login tidak sekali langsung berhasil. Ada beberapa kendala, tapi Puji Tuhan semua bisa diatasi, kurang lebih 10 menitan,’’ terangnya. Hal itu tidak terlalu mengganggu, Para siswa selesai mengerjakan sebelum jam berakhir pukul 09.30.

Setelah login, Lalu masuk ke materi utama literasi membaca 75 menit. Tapi sebelum masuk materi literasi membaca, siswa harus menunggu petunjuk di layar komputer.

’’Jeda soal sama materi inti kurang lebih satu menit, sampai ada tombol merah yang baru bisa dipencet setelah berubah menjadi biru,’’ jelasnya.

Usai mengerjakan soal literasi, ada survey karakter selama 30 menit. ’’Setelah ANBK selesai, siswa langsung pulang,’’ bebernya.

SDI Mnelaanen memilih ANBK gelombang ketiga, dari empat pilihan gelombang. ANBK gelombang ketiga dilaksanakan 31 Oktober dan 1 November 2022 Karena jumlah siswa kelas 5 ada 38 siswa, dan alat yang dipakai juga sudah memenuhi, maka ANBK SDI Mnelaanen 2 sesi. ’’Ada 30 siswa utama dan 5 siswa cadangan dari 38 siswa kelas 5,’’ ungkapnya.

(Jurnalis Agustinus Anabanu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *