RajaBackLink.com
Berita  

Ketua Komda Wilayah 11 Paguyuban Pasundan, DR Abah Ruskawan, Apresiasi Pagelaran Seni Budaya di Banten

Ketua Komda Wilayah 11 Paguyuban Pasundan, DR Abah Ruskawan, Apresiasi Pagelaran Seni Budaya di Banten

Ketua Komda Wilayah II Paguyuban Pasundan, DR. Abah Ruskawan, Apresiasi Pagelaran Seni Budaya di Banten

 

SERANG, Ketua Komda Wilayah II Paguyuban Pasundan, DR. Abah Ruskawan, sangat mengapresiasi kegiatan gelar seni budaya, pameran kuliner dan pameran produk kerajinan tangan dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se-Provinsi Banten, di Alun-Alun Kota Serang, Banten, Sabtu (24/9/2022).

Gelar seni budaya, kuliner dan pameran produk UMKM berasal dari 8 Kab/Kota se-Banten yang gelar di akhir pekan itu, seiring dengan acara Pengukuhan Pengurus Paguyuban Pasundan Provinsi Banten dan Pengurus Cabang Paguyuban Pasundan Kab/Kota se-Provinsi Banten, oleh Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan, Prof.DR.HM. Didi Turmudzi, M.Si, malam ini.

Dalam sesi Pagelaran Seni Budaya yang di gelar sore hari tadi, Abah Ruskawan, menyampaikan selamat kepada seluruh Pengurus Paguyuban Pasudan Provinsi dan Kab/Kota se-Banten yag akan dikukuhkan nanti malam oleh Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan.

“Saya ucapkan selamat, dengan harapan semoga Paguyuban Pasudan di Banten semakin maju dan berkembang serta mampu berperan untuk memerangi kemiskinan dan kebodohan,”kata Abah Ruskwan.

Ditegaskan Abah Ruskawan, yang juga mantan Ketua Sekolah Tinggi Hukum (STH) Pasundan, Sukabumi, bahwa kegiatan pagelaran seni budaya, kuliner dan pameran produk UMKM yang digelar pada hari ini, membuktikan bahwa Provinsi Banten sangat heterogen dengan potensinya.

“Dengan potensi yang dimiliki, diharapkan Paguyuban Pasundan di Banten dapat menjadi pelopor dan bisa terus memayungi masyarakat dalam upaya mewujudkan; sabililungan ngaguar nanjeurkeun tur nanjungkeun ajen budaya tradisi (menjadi pelopor untuk hidup rukun dan damai, mampu menggali potensi dan mengembangkan tradisi dan budaya) untuk kemajuan daerah,”kata Abah Ruskawan yang juga Ketua Paguyuban Dalang Kabupate Cianjur ini.

Selanjutnya, kata Abah, apa yang sudah dilaksankaan dalam rangka pemberdayaan ekonomi melalui wadah koperasi oleh beberapa Pengurus Cabang Paguyuban Pasundan, seperti di Kabupaten Tangerang, diharapkan dapat menjadi uswatun (teladan) dan terus mengembangkan sikap keteladananan dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat di seluruh Indonesia.

Ditegaskan Abah Ruskawan, kegiatan gelar seni budaya, yang dibarengi dengan pameran kuliner dan produk UMKM, diharapkan juga menjadi agenda atau event tahunan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten, sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan seni budaya karuruhun sunda.

“Provinsi Banten dengan 8 Kab/Kota melalui event pagelaran tahunan tersebut bisa melahirkan; one product one village (OPOV), dan seni budaya masing-masing daerah sebagai khasanah budaya bangsa yang bisa dibanggakan,”kata Abah Ruskawan.–(dimas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *