RajaBackLink.com

Sambut World Cleanup Day, Ratusan Warga Toraja Utara Gelar Aksi Pungut Sampah

Sambut World Cleanup Day, Ratusan Warga Toraja Utara Gelar Aksi Pungut Sampah

Dinastinews.com, Rantepao – Sekitar ratusan warga kota Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, menggelar aksi pungut sampah pada Sabtu (17/9/2022).

Aksi dimulai dari area gelanggang olahraga (GOR), Batulelleng hingga Gunung Singki’, Rantepao, Toraja Utara

Aksi dibuka oleh Sekertaris Daerah Toraja Utara, Salvius Pasang SP,MP dan warga yang ikut serta langsung bergerak mencari sampah, untuk kemudian dimasukan ke dalam plastik sampah.

Menurut salah satu team core, Manaek Bara’ Allo, ada sekitar ratusan warga yang tercatat ikut serta dalam aksi tapi masih ada banyak lagi yang ikut namun tidak tercatat.

“Ada sekitar kurang lebih 150 warga yang tercatat hadir dalam aksi ini, dan ada banyak balakangan datang jadi mungkin sekitar kurang lebih 200 warga” ucap Manaek

Lanjutnya, kegiatan ini sudah berjalan selama 4 (empat) tahun, ini merupakan bentuk partisipasi warga Toraja Utara untuk menyambut World Clean Day atau Hari Bersih Sedunia.

“Kegiatan ini sudah terselenggara dari Tahun 2019, aksi ini terselenggara kerjasama dengan Pemda, beberapa komunitas, TNI, Polri dan warga, selain itu, kegiatan ini juga bentuk dukungan warga terhadap pemerintah, apalagi Toraja Utara masuk nominasi Peraih Adipura” Lanjut Manaek yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Dinas Pemuda dan Olah Raga Toraja Utara.

World Cleanup Day (WCD), merupakan satu gerakan terbesar saat ini, sebab dapat menyatukan 191 negara di seluruh dunia untuk bumi yang bersih.

Seusai kegiatan, terdapat total 300 kilogram sampah yang terkumpul, Jumlah sampah tersebut lebih sedikit jumlah sampah yang terkumpul dari tahun yang sebelum-sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *