RajaBackLink.com

Lantamal XII Peringati Tahun Baru Islam 1444 H/2022 Masehi

Lantamal XII Peringati Tahun Baru Islam 1444 H/2022 Masehi

Dinastinews.com Mempawah, Lantamal XII — Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII menggelar acara peringatan Tahun Baru Islam 1444 H/2022 di Markas Komando Lantamal XII, Jalan Raya Wajok KM. 17, Kabupaten Mempawah Provinsi Kalbar, Kamis (25/08/2022).

Acara diselenggarakan di Lobby Mako Lantamal XII, dihadiri segenap prajurit dan PNS Lantamal XII dan juga prajurit Yonmarhanlan XII, sementara yang bertindak sebagai penceramah Al Ustadz H. Ahmad Syafie Asnawi.

Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) yang diwakilkan oleh Wadan Lantamal Kolonel Marinir Sugiyanto, S.T., M.M., menyampaikan bahwa tema peringatan Tahun Baru Islam tahun ini adalah “Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H/2022 Masehi Sebagai Momentum Memaknai Hidup Dengan Semangat Hijrah”. Peringatan Tahun Baru Islam tepatnya jatuh pada tanggal 30 Juli 2022 yang lalu, namun karena kesibukan dan acara yang padat serta satu dan lain hal maka peringatan tahun baru hijriyah baru dapat kita laksanakan pada hari ini, mudah-mudahan tidak mengurangi makna yang terkandung dalam peringatan Tahun Baru Islam tahun ini.

Komandan Lantamal XII dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wadan Kolonel Marinir Sugiyanto menyampaikan bahwa, “Dalam agama Islam mengajarkan kepada umatnya agar mempunyai kesadaran waktu dan kesadaran sejarah, salah satunya yaitu peristiwa hijrah Rasul dari Mekah ke Madinah.

Salah satu makna penting hijrah adalah adanya proses transformasi dari kegelapan menuju peradaban yang lebih terang, tentunya hijrah ini dimaknai dengan perbuatan dan perubahan menuju yang lebih baik sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Semangat Hijrah ini harus kita aplikasikan baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan kantor, sehingga tercipta suatu lingkungan keluarga yang harmonis, rukun dan damai sesuai yang kita harapkan bersama,” ujar Wadan Lantamal XII.

“Tema tersebut diatas sangat tepat, dimana situasi saat ini menuntut kita untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan agar kehidupan pribadi kita, keluarga, masyarakat dan terutama dalam kedinasan kita sebagai prajurit dan PNS TNI AL menjadi lebih baik, tidak boleh ada lagi pelanggaran serta perbuatan yang tidak terpuji dilakukan oleh oknum prajurit dan PNS TNI AL khususnya Lantamal XII, hal ini tentunya dapat kita teladani dari para pendahulu kita yang telah lebih dahulu melakukan hijrah/berpindah melakukan perubahan menuju keadaan yang lebih baik,” lanjutnya.

“Selanjutnya saya ingin mengajak kepada seluruh prajurit Lantamal XII untuk memulai Tahun Baru Islam 1444 Hijriah ini dengan tekad dan semangat muhasabah menuju perbaikan diri dan perbaikan masyarakat”, pungkas Kolonel Sugiyanto.

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Agkatan Laut yang unggul, profesional dan tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Penceramah H. Ahmad Syafie Asnawi mengatakan bahwa, “Tahun Baru Islam 1444 Hijriah jatuh pada 1 Muharram, dalam 12 bulan ada 4 bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT yaitu bulan Zulkaidah, bulan Zulhijah, bulan Muharram, bulan Rajab dan salah satu dari empat bulan tersebut adalah bulan Muharam, terangnya.
1 Muharam adalah awal mulanya tahun Hijriyah yang mana pada saat itu Rasulullah mendapat wahyu dari Allah SWT untuk hijrah ke Kota Madinah dan hijrahnya Rasulullah juga dituangkan di dalam Al-Qur’an,” lanjut ustadz Ahmad Syafie.

Acara peringatan Tahun Baru Islam 1444 H/2022 yang diselenggarakan di Mako Lantamal XII juga dihadiri oleh Pejabat Utama, Kadis/Kasatker dan segenap prajurit, PNS Lantamal XII serta prajurit Yonmarhanlan XII.

Bagas Ariebowo

Ksatria Jala Khatulistiwa
Dispen Lantamal XII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *