RajaBackLink.com

Sebanyak 899 Mahasiswa Mengikuti Pembekalan KKN Periode II Universitas Samudra

Sebanyak 899 Mahasiswa Mengikuti Pembekalan KKN Periode II Universitas Samudra

Dinastinews.com Aceh |Langsa — Universitas Samudra (Unsam) menggelar Pembekalan Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode II Tahun 2022. KKN periode ini mengambil tema

“MENINGKATKAN KUALITAS DESA MELALUI PEMBERDAYAAN EKONOMI PRODUKTIF DAN BUDAYA SEHAT” Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Unsam Dr. Ir. Hamdani. MT. di Gedung Multiguna Unsam, Rabu (27/07/2022).

Dalam laporan panitia oleh Dr. Asnawi. MPd selaku Ketua LPPM menyebutkan mahasiswa yang mengikuti KKN berjumlah 899 orang yang tersebar dalam 75 Desa pada 5 Kecamatan Kabupaten Aceh Timur yaitu : Kecamatan Serbajadi – Kecamatan Peunaron – Kecamatan Rantou Panjang Peurelak – Kecamatan Indra Makmu dan Kecamatan Pante Bidari.

Dari 899 peserta yang mendaftar, terdapat 64 mahasiswa yang mengundurkan diri karena mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. “Jumlah peserta KKN 899 orang, beberapa diantara peserta mengundurkan diri karena lulus di Kegiatan MBKM. Dimana MBKM disetarakan menjadi 20 SKS termasuk mata kuliah KKN.” ucap Ketua LPPM.

Menurut Dr. Ir. Hamdani. MT. KKN merupakan mata kuliah dalam bentuk pengabdian masyarakat.

Para mahasiswa akan menerapkan ilmu yang didapat pada bangku perkuliahan kepada masyarakat. Mahasiswa yang mengikuti KKN di Desa selain dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan yang berjumlah 38 orang juga akan memperoleh bimbingan dari pejabat desa setempat.

Pembekalan KKN hari ini mengambil materi yang berkaitan dengan Ekonomi Produktif Dan Budaya Sehat. Materi pertama berjudul “PENINGKATAN KUALITAS DESA MELALUI PEMBERDAYAAN EKONOMI PRODUKTIF” Disampaikan oleh Perwakilan Pejabat Pemerintah Kabupaten Aceh Timur. Materi selanjutnya berjudul “PENINGKATAN BUDAYA HIDUP SEHAT” Disampaikan oleh Kepala Puskesmas Langsa Lama. Mahasiswa juga akan mendapatkan materi yang berjudul “PERAN MAHASISWA DALAM PENGKATAN KUALITAS DESA MELALUI PEMBERDAYAAN EKONOMI PRODUKTIF” yang akan disampaikan Rektor Universitas Samudra.

Menurut Rektor Unsam, Dr. Ir. Hamdani M.T dalam sambutannya mengatakan KKN merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pangabdian kepada Masyarakat. Dalam kegiatan KKN di Desa, mahasiswa akan tergabung dalam berbagai disiplin ilmu. Para pesarta KKN periode ini diarahkan untuk menggali potensi ekonomi produktif dari desa yang menjadi lokasi penempatan. Hasil dari ekonomi produktif itu diharapkan mampu meningkatkan perekonomian desa tersebut.

Harapannya hasil dari pelaksanaan KKN akan menambah kompetensi dari calon lulusan. Salah satunya yaitu kompentensi kemampuan dalam berkomunikasi. Ini merupakan salah satu kriteria persyaratan yang ditentukan oleh penyedia lapangan pekerjaan.

“KKN merupakan kesempatan untuk saling berkomunikasi memaparkan hasil pemikiran kita kepada orang lain dengan bidang ilmu dan tingkat perekonomian yang berbeda. Kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan kemampuan yang tidak membuat orang bosan dalam mendengarnya” jelas Rektor.

“Sebelum berkomunikasi dengan pihak Desa, berkomunisalah yang baik dengan kelompok anda. Saling bersinergi sehingga apapun permasalahan dapat dihadapi dengan mudah.” Pesannya.

“Harapannya melalui tema yang diberikan dapat meningkatkan perekonomian di Desa dengan potensi yang ada di Desa dan melalui pembekalan ini, banyak informasi yang diperoleh sebagai bekal untuk diterapkan di Desa” tambahnya.

Hadir pada acara tersebut para tamu undangan dan pemateri Dr. Darmawan M Ali. ST. MSID. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Aceh Timur, Zuliani. SKM. MKes (Kepala Puskemas Langsa Lama) – Para Wakil Rektor – Para Kepala Biro – Para Dekan – Para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dilingkungan Univesritas Samudra dan Para Dosen Pembimbing Lapangan.

 

Korwil Aceh ™GALI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *