RajaBackLink.com

Aceh Kembali Mengukir Sejarah Di Negeri Seribu Wali Lewat Salah Seorang Putra Aceh Timur Tgk. Muhammad Safrizal yang Kini berhasil meraih gelar Sarjana

Aceh Kembali Mengukir Sejarah Di Negeri Seribu Wali Lewat Salah Seorang Putra Aceh Timur Tgk. Muhammad Safrizal yang Kini berhasil meraih gelar Sarjana

Dinastinews.com Aceh | Aceh Timur — Gelar Sarjana tersebut berhasil diraih disalah satu Universitas ternama di Yaman yaitu Universitas Al-Ahgaff Tarim, Hadhramaut, Yaman. Kabar gembira ini didapat dari kiriman rilis Tgk. Anwar Sulaiman Pimpinan Dayah (Pesantren) Al-Qurani Seuneubok Tuha.

Tepat pada hari kamis, 30/6/2022. Terdiri dari 92 Mahasiswa yang berasal dari berbagai negara diwisuda di Universitas Al. Ahgaff. Jumlah besar 72 Wisudawan berasal dari Indonesia. 14 Wisudawan dari Yaman. 3 Wisudawan dari Malaysia. 2 Wisudawan dari Thailand. 1 Wisudawan dari Tanzania. dan Tgk. Muhammad Safrizal satu-satunya wisudawan yang berasal dari Aceh.

Wisuda merupakan salah satu acara yang sangat dinanti-nantikan oleh mahasiswa tingkat akhir, tak terkecuali seorang Wisudawan dari Aceh Tgk. Muhammad Safrizal anak dari Bapak Hasan Basri dan Ibu Suriani Salihin.

Universitas Al-Ahgaf merupakan salah satu Universitas yang menduduki peringkat ketiga dari seluruh Universitas di Yaman.

Universitas ini memiliki beberapa jurusan seperti Jurusan Syariah, Syariah dan Hukum, Hadist, Dirasah Islamiyah, Ulumul Quran, Ekonomi, Komputer dan Jurusan lainnya. Tak hanya itu, Universitas Al-Ahgaff juga dihuni oleh guru-guru yang berpangkat Mufti dan para Ulama-ulama lainnya.

Semenjak dini, Tgk. Muhammad Safrizal menimba ilmu dari orang tuanya, juga dikampung halamanya sendiri seperti mana adat di Aceh, kemudian melanjutkan pendidikan di MIN Kampong Baroe, MTsN Model Idi, Kemudian ke MAN Gampong Jalan.

Disamping sekolah, beliau juga menimba ilmu di Dayah Al-Qurani Senebok Tuha Aceh Timur dibawah asuhan Tgk. Anwar Sulaiman.

Setelah selesai Pendidikan MAN Gampong Jalan, Tgk. Safrizal melanjutkan Pendidikan ke Malaysia di Madrasah Al-Khairat, Kuching – Sarawak yang dipimpin oleh Habib Muhammad bin Alwi Al-Attas.

Kala itu Tgk. Muhammad Safrizal merupakan satu-satunya pelajar yang berasal dari Aceh, bahkan dari Indonesia.

Selama di Malaysia, Tgk. Muhammad Safrizal mampu menyelesaikan Sijjil Tinggi Agama Malaysia (STAM) yang bekerja sama dengan Universitas Al-Azhar Kairo – Mesir dengan predikat Jayid Jiddan.

Di Madrasah Al-Khairat – Malaysia ia juga menjadi satu-satunya pelajar yang memperoleh nilai tertinggi. Setelah 3 tahun lamanya di Malaysia, Tgk. Muhammad Safrizal meneruskan pendidikannya di Universitas Al-Ahgaff – Yaman pada tahun 2017 silam.

Setibanya di Yaman, Tgk. Muhammad Safrizal mengambil jurusan Syariah di Universitas Al Ahgaff Yaman, walaupun keadaan situasi Hadhramaut berkecamuk perang saudara dan iklim alamnya sangat panas dan sangat dingin, namun tidak menyurutkan – mematahkan semangat beliau dalam menempuh pendidikan di Negeri orang yang dijuluki Bumi Seribu Wali.

Selama di Yaman, beliau juga aktif diberbagai organisasi seperti menjadi wakil ketua Wasilah (Wadah Silaturrahmi Aceh Hadhramaut) selama tiga tahun, juga menjadi Seketaris Opisi (Organisasi Penuntut Ilmu dari Sumatera), serta menjadi Wakil Ketua dan Bendahara di salah satu Badan Usaha di Universitas Al-Ahgaff, Ketua Mahasiswa Aceh di Universitas Al-Ahgaff dan lainya.

Turut hadir dalam acara ini Prof. Dr. Abdullah bin Muhammad Baharun Rektor Universitas Al-Ahgaff. Dr. Abdullah bin Awad bin Smith selaku Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, juga turut hadir salah satu Mufti Kota Tarim dan juga Dosen Universitas Al-Ahgaff Guru Besar Syekh Muhammad Al-Khatib, juga seluruh Dosen dan Ulama Tarim lainnya hadir dalam acara tersebut.

Semoga ilmu yang didapatkan menjadi berkah dan bermanfaat untuk Aceh khususnya dan Indonesia umumnya dan menjadi bekal kelak sesampai dinegeri Aceh Serambi mekkah.

Sekali lagi, selamat dan sukses besar untuk Tgk. Muhammad Safrizal. Kabar gembira ini didapat dari rilis Tgk. Anwar kepada Media Dinastinews.Com, Senin,4 Juli 2022.

 

Korwil Aceh | Razali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *