RajaBackLink.com

Menggugah Semangat Nasionalisme, Komandan Kodim 0420/Sarko Pimpin Upacara Kemerdekaan RI Ke-79 Bersama Suku Anak Dalam

Menggugah Semangat Nasionalisme, Komandan Kodim 0420/Sarko Pimpin Upacara Kemerdekaan RI Ke-79 Bersama Suku Anak Dalam

Dinastinews.com. Sarolangun, Sabtu 17 Agustus 2024 – Dalam semangat kebangsaan dan kebersamaan yang tinggi, Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0420/Sarko Letkol Inf Suyono S.Sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 yang berlangsung bersama Suku Anak Dalam di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun. Upacara ini berlangsung dengan penuh khidmat dan di hadiri oleh Camat Air Hitam Haryono S.H, Kapolsek Air Hitam Iptu Made Yaso, Danramil 420-03/Pauh Kapten Inf Husnan Efendy, Kades Bukit Suban Ramli, masyarakat setempat, dan tokoh-tokoh adat Suku Anak Dalam.

 

Suku Anak Dalam yang turut serta dalam upacara ini memberikan warna tersendiri dalam peringatan HUT RI ke-79. Mereka turut serta dalam berbagai rangkaian acara, termasuk perlombaan yang di adakan oleh Koramil 0420-03/Pauh di Kantor Desa Bukit Suban di antara nya lomba balap karung, lomba bawak kelereng di atas sendok dan lomba memasukan pensil di dalam botol. Kehadiran mereka menjadi simbol kebhinekaan yang memperkuat rasa kebangsaan di antara seluruh peserta upacara.

 

Dandim 0420/Sarko menegaskan “pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, terutama di tengah keberagaman suku, budaya, dan agama di Indonesia. “Hari ini kita memperingati kemerdekaan bangsa yang diperjuangkan dengan darah, keringat, dan air mata oleh para pahlawan kita. Kita harus terus menjaga semangat kebersamaan ini, sebagaimana yang kita tunjukkan hari ini bersama saudara-saudara kita dari Suku Anak Dalam,” ujar Letkol Inf Suyono.

 

Tokoh adat Suku Anak Dalam, Bapak Tumenggung Tarip dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya atas kesempatan untuk turut serta dalam upacara ini. “Kami merasa sangat dihargai dan bangga bisa ikut memperingati hari kemerdekaan bersama TNI. Ini menunjukkan bahwa kami adalah bagian dari Indonesia yang besar dan beragam,” ujarnya.

 

Upacara diakhiri dengan doa bersama sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih dan doa agar bangsa Indonesia terus maju dan sejahtera. Setelah upacara, dilakukan penyerahan hadiah lomba dan penyerahan bantuan simbolis dari Komandan Kodim kepada Suku Anak dalam sebagai bentuk dukungan dan perhatian terhadap keberlangsungan hidup mereka. (mcdim0420sarko).

Hbl

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *